Timnas Indonesia

Media Jepang Puji Timnas Indonesia Jelang Duel dengan Samurai Biru di Piala Asia 2023 Tahun Depan



NOBARTV NEWS – Jepang akan menjadi salah satu lawan di Piala Asia 2023 mendatang. Sebagai salah satu tim yang tak diunggulkan, media asal Jepang justru memuji anak asuh Shin Tae-yong itu.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu – AFC melakukan drawing untuk ajang Piala Asia 2023 yang akan digelar pada tahun depan. Dalam drawing tersebut, skuad Garuda dihadapkan dengan para lawan yang tangguh. Bagaimana tidak, tim terbaik di Asia resmi berada dalam satu grup yang sama dengan skuad Garuda. Tim yang dimaksud adalah Timnas Jepang.

Sebelumnya, Jepang pada kemarin membuat kejutan dengan mengalahkan Timnas Jerman dan Spanyol. Bahkan, Takefusa Kubo dkk sukses melaju hingga babak 16 besar untuk ajang sepakbola tertinggi di dunia itu. Dan kini, tim langganan Piala Dunia itu akan berduel dengan Timnas Indonesia yang kita tahu jelas jauh lebih tidak diunggulkan.

Selain Timnas Jepang, skuad Garuda juga akan bertemu dengan Timnas Irak dan Vietnam. Secara peringkat (rangking FIFA), Jepang, Irak, dan Vietnam berada jauh di atas Timnas Indonesia. Saat ini, Timnas Indonesia menduduki peringkat 150 besar dunia. Sementara ketiga tim tersebut berada di posisi 100 besar – bahkan Timnas Jepang, negara yang dijuluki Samurai Biru itu berada di posisi 20 alias terbaik di benua Asia.

Baca Juga:  Kapten Uzbekistan Puji Indonesia: Indonesia Bermain Sangat Baik

21 dari total 26 skuad yang dimiliki Jepang juga tercatat bermain di luar negeri. Hal yang lebih membanggakan lagi adalah 20 di antara pemain abroad tersebut bermain di klub Eropa. Beberapa di antaranya merupakan klub besar seperti Ayase Ueda (Feyenoord), Kyogo Furuhashi (Celtic), Daichi Kamada (Lazio), Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar), hingga Takefusa Kubo (Real Sociedad).

Meksipun demikian, media asal Jepang Football Tribe Japan memuji skuad Garuda – andaikata tim yang diasuh Shin Tae-yong itu sukses melakukan proses naturalisasi terhadap para pemain keturunannya. Diketahui, enam pemain keturunan Indonesia saat ini berkarier di luar negeri. Hanya saja, mereka belum dipastikan apakah akan membela Timnas Indonesia di Piala Asia mendatang. Enam pemain yang dimaksud adalah Jay Itzes, Tom Haye, Mees Hilgers, Ilias Alhaft, Ragnar Oratmangoen, dan Emil Audero.

“Semua pemain ini memiliki akar di Indonesia, dan PSSI yang berencana memperkuat timnas Indonesia melalui “strategi naturalisasi” sudah mengincar mereka sejak lama,” tulis Football Tribe Japan.

Baca Juga:  Usai Maarten Paes, PSSI Kenalkan 2 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia, Siapa Saja?

“Jika naturalisasi mereka terwujud, diharapkan mereka akan menjadi kekuatan besar bagi Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Shin Tae-yong,” lanjut Football Tribe Japan.

“Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak di babak penyisihan grup Piala Asia yang akan digelar di Qatar awal tahun depan. Indonesia berada di peringkat 150 peringkat FIFA dan terbawah grup, tetapi bakat individu mereka kuat dan mereka adalah lawan yang sulit,” tutup media tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment