Timnas Indonesia

Qatar Minta Perubahan Jadwal, STY Terancam Gagal Tangani Timnas Indonesia di Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong terancam gagal membesut Skuad Garuda di Piala Asia 2023. Hal itu disebabkan tuan rumah terpilih Qatar mengajukan pengubahan jadwal yang sebelumnya akan dilangsungkan pada tahun 2023 menjadi tahun 2024.

Sebelumnya, selain Qatar, Indonesia dan Korea Selatan menjadi dua tim yang bersaing memperebutkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Ketiga tim tersebut (termasuk Qatar) bersaing hingga tahap akhir. Sebelumnya Australia juga turut dalam persaingan – namun menjelang pengumuman, FA Australia memutuskan untuk menarik diri sehingga tersisa tiga negara yaitu Qatar, Indonesia, dan Korea Selatan.

Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam pada tahun 2007 lalu. Sedangkan Korea Selatan sudah amat lama sekali. Terakhir, Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Asia pada tahun 1960 lalu.

Akan tetapi, beberapa waktu lalu, federasi sepakbola tertinggi di Asia AFC lebih memilih Qatar sebagai tuan rumah. Salah satu alasan utama adalah Qatar dianggap sebagai negara yang paling siap. Baik itu dari sumber daya manusia (SDM) hingga infratruktur. Terlebih di bulan depan Qatar akan menjadi tuan rumah .

Namun sayang, turnamen terakbar di seantero Asia ini terancam gagal dilaksanakan pada tahun depan. Juru bicara Asosiasi Sepakbola Qatar (QFA), Ali Al Salat menyebut pihaknya harus melakukan persiapan yang matang untuk menggelar turnamen tersebut.

Masih dari Ali Al Salat, QFA berencana memundurkan jadwal tersebut ke awal tahun 2024 tepatnya 24 Januari 2024.

“Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) telah mengusulkan agar turnamen 24 tim itu digeser dari tanggal aslinya pada Juni dan Juli tahun depan menjadi satu bulan mulai 24 Januari 2024,” terang Ali Al Salat.

Jika permintaan dari QFA tersebut disetujui oleh AFC, maka Timnas Indonesia terancam tidak akan ditangani oleh Shin Tae-yong lagi.

Melansir data transfermarkt, kontrak pelatih asal Korea Selatan itu tertulis hingga akhir tahun depan atau 31 Desember 2023. Jika kontrak Shin tidak diperpanjang, maka otomatis Indonesia akan ditangani oleh nahkoda baru. Akan tetapi jika STY mendapatkan perpanjangan kontrak dan setuju dengan perpanjangan tersebut, maka bisa dipastikan ia akan membawa skuad Garuda ke event tersebut.

PSSI sendiri memiliki rencana untuk memperpanjang kontrak sang pelatih. Namun sampai saat ini STY belum mau membahas hal tersebut karena ingin fokus menangani Timnas Indonesia di dan Piala Asia U-20 2023.

Dan untuk diketahui, Timnas Indonesia sukses lolos ke Piala Asia 2023 berkat tangan dingin Shin Tae-yong sendiri. Eks pelatih Korea Selatan itu berhasil membawa Marc Klok dkk finis di posisi kedua klasemen akhir grup A. Saat itu, Timnas Indonesia finis sebagai salah satu runner-up terbaik. Marc Klok hanya kalah dari Timnas Yordania lalu menang dua kali masing-masing atas Timnas Kuwait dan Nepal.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments