Timnas Indonesia

Skuad Garuda Kena Sindir Pemain Vietnam: Kami Lawan Belanda atau Indonesia?



NOBARTV.CO.ID disindir pemain Vietnam, Skuad Garuda mendapat sindiran dari salah satu pemain Vietnam jelang pertemuan kedua tim di bulan Maret ini. Sindiran tersebut diucapkan karena begitu banyaknya pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia.

Maret 2024 akan dilalui skuad Garuda dengan memainkan dua pertandingan. Dua pertandingan melawan Timnas Vietnam itu akan digelar dalam ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Khusus untuk dua laga ini, duel keduanya masuk dalam matchday ke-tiga dan keempat. Berarti, di ajang yang sama, Vietnam dan Timnas Indonesia sama-sama sudah memainkan dua pertandingan.

Dalam dua pertandingan yang sudah dimainkannya itu, Indonesia hanya mampu memperoleh satu poin saja. Satu poin tersebut didapatkan dari hasil imbang kontra Filipina. Sementara di laga lainnya, Marc Anthony Klok dkk dibantai oleh Timnas Irak dengan skor telak 5-1. Adapun skuad Vietnam, anak asuh Philippe Troussier itu sudah mengemas tiga poin. Menariknya, tiga poin tersebut juga didapatkan dari kemenangan atas Timnas Filipina.

Oleh sebab itu, di pertemuan Vietnam dan Indonesia ini, kedua tim jelas mengincar kemenangan. Di satu sisi, Indonesia dengan kekuatan barunya siap untuk mendulang poin banyak dari sang lawan. Hal itu dikarenakan di kubu Timnas Indonesia saat ini terdapat banyak sekali pemain keturunan.

Tercatat, dari 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk melawan Vietnam, 8 di antaranya merupakan pemain keturunan. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Justin Hubner, hingga Marc Klok. Ke-delapan pemain tersebut turut tampil di Piala Asia 2023 kemarin. Dan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, skuad Garuda mendapat tambahan pemain keturunan baru yaitu Thom Haye, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On.

Skuad Garuda Kena Sindir Pemain Vietnam: Kami Lawan Belanda atau Indonesia?
Salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jay Idzes (sumber: IG @jayidzes)

Dengan kekuatan pemain baru tersebut, skuad Garuda diprediksi menang dengan mudah atas sang lawan. Hal itu dikarenakan pada laga sebelumnya kontra Vietnam, skuad Garuda juga meraih kemenangan.

Dan ternyata, banyaknya pemain keturunan tersebut membuat salah satu punggawa Vietnam melempar sindiran kepada skuad Garuda. Adalah Do Duy Manh, bek The Golden Star Warriors itu mempertanyakan timnya yang akan bertemu Indonesia. Dengan nada sindiran, ia setengah bertanya apakah timnya sedang bertemu dengan Indonesia atau Belanda.

“Melalui informasi di media, saya tahu Indonesia punya pemain naturalisasi hingga 11 pemain [10 pemain]. Saat ini Indonesia punya banyak pemain yang tampil di luar negeri dan punya kemampuan bagus,” kata Do Duy Manh dilansir dari VFF.

“Sebenarnya, sebelum itu Indonesia sudah jadi tim yang sulit untuk dilawan. Mereka bermain sengit dan agresif. Sekarang mereka kembali melakukan naturalisasi secara masal. Kadang-kadang kami saling bercanda, mengatakan kami tidak tahu apakah kami akan bermain melawan tim Belanda atau Indonesia,” ucapnya menambahkan.

“Tim Vietnam juga mempunyai pemain-pemain berkualitas. Kami tidak takut bersaing meski Indonesia punya pemain naturalisasi. Tidak ada rasa takut dalam pikiran pemain. Sebagai pemain profesional, tim harus memiliki persiapan terbaik,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *