Piala Dunia 2022

Si Paling Cepat ‘Al Rihla’, Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022 Keluaran Adidas

TOPIK BERITA :


Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022.
Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia Qatar 2022.

NOBARTV NEWS – Dalam tiap event putaran Piala Dunia, salah satu elemen  penting yang paling di nanti adalah peluncuran bola resmi yang akan di gunakan pada tiap pertandingan, tak terkecuali dalam putaran Final Piala Dunia Qatar 2022.

FIFA secara resmi telah meluncurkan nama dan desain bola yang akan digunakan pada di Qatar nanti. Bola tersebut dinamai Al Rihla yang di klaim memiliki bobot ringan dan dapat melesat cepat di udara.

Dalam bahasa Arab, Al Rihla berarti ‘Perjalanan'. Nama tersebut merepresentasikan filosofi perjalanan Piala Dunia 2022 bersama Al Rihla di seluruh kolong langit. Selain itu Al Rihla diklaim dapat melesat lebih cepat di udara ketimbang bola-bola sebelumnya.

Adidas Kembali Jadi Produsen Resmi

Produsen apparel olahraga asal Jerman, Adidas kembali di percaya menangani proyek untuk mendesain bola Piala Dunia Qatar 2022, ini merupakan bola ke-14 berturut-turut yang dibuat Adidas untuk turnamen terbesar di dunia sepak bola tersebut.

Franziska Loeffelmann, salah satu pentolan Adidas mengklaim bahwa bola Al-Rihla ini dirancang untuk mendukung kecepatan tertinggi pada pertandingan karena bergerak lebih cepat daripada bola Piala Dunia lainnya.

“Permainan semakin cepat, dan saat permainan bergerak lebih cepat, akurasi dan stabilitas menjadi sangat penting. Desain baru memungkinkan bola mempertahankan kecepatannya lebih tinggi secara signifikan saat bergerak di udara,” kata Franziska Loeffelmann, Design Director – Football Graphics & Hardwear, Adidas.

“Untuk panggung global terbesar dalam semua olahraga, kami membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan inovasi radikal dengan menciptakan bola Piala Dunia tercepat dan terakurat hingga saat ini,” ujarnya menambahkan.

Bahan dan Arsitektur Al Rihla

Adidas mengklaim pembuatan bola Al Rihla dilakukan secara kohesif menggunakan data dari pengujian ketat di lab Adidas, wind tunnel, dan di lapangan, Al Rihla juga diyakini mampu memberikan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi di lapangan, sebagian karena bentuk baru pada panel dan tekstur permukaannya.

Bagian inti bola yang inovatif didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

Kulit polyurethane (PU) pada bola memiliki tekstur mikro dan makro serta dilengkapi dengan bentuk panel dengan 20 bagian terbaru, yang meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan akurasi, stabilitas, dan tembakan yang tajam.

Selain itu bola juga dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan dan semua komponen telah dipertimbangkan dengan cermat.

Dan yang terpenting, Al Rihla adalah bola Piala Dunia pertama yang dibuat hanya dengan menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

1% Penjualan Al Rihla Akan di Donasikan Ke Common Goal

Adidas sebagai produsen bola Al Rihla dalam peluncurannya beberapa waktu lalu secara resmi mengumumkan bahwa hasil penjualan Al Rihla juga akan di sumbangkan sebagai donasi.

Di katakan bahwa satu persen dari semua penjualan Al Rihla akan disumbangkan ke gerakan Common Goal, dengan bola resmi tersedia untuk dibeli secara eksklusif melalui adidas.com dan toko ritel perusahaan mulai 30 Maret lalu.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola