Timnas Indonesia

Ada Eks Pemain Liga Skotlandia, Berikut 4 Pemain Naturalisasi yang Bisa Bela Indonesia di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS 2010 menjadi tonggak sejarah awal melakukan naturalisasi pemain. Saat itu, menjelang dihelatnya even sepak bola dua tahunan di Asia Tenggara, PSSI menaturalisasi sosok Cristian Gonzales yang menjelma sebagai striker menakutkan bagi Timnas Indonesia.

Meski tidak menjadi juara karena hanya mampu finis sebagai runner-up (Piala AFF 2010), namun ajang tersebut menjadi salah satu turnamen yang begitu berkesan bagi penikmat sepakbola Indonesia. Pasalnya, Timnas Indonesia sempat bertemu Malaysia di babak grup dan sukses mempermalukan tim asal negeri jiran tersebut.

Tak selesai sampai di situ, Indonesia dan Malaysia ternyata kembali berjumpa di partai final. Suporter Timnas Indonesia sudah amat yakin Cristian Gonzales dkk akan kembali menang telak. Namun sayang, Indonesia justru dibungkam sehingga gagal merengkuh gelar yang sudah berada di depan mata.

Kini, di Piala AFF 2022 ini, diprediksi beberapa pemain naturalisasi sudah bisa membela Timnas Indonesia. Jika membandingkan kualitas mereka dengan kualitas pemain naturalisasi era awal, sudah jelas era sekarang jauh lebih unggul. Pengalaman serta rekam jejak selama berada di Eropa menjadi alasan utama kenapa para pemain naturalisasi sekarang lebih baik dari dulu. Mereka diprediksi sudah bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Stefano Lilipaly

Sebelum berkarir di Liga Indonesia bersama Borneo FC, Stefano Lilipaly sudah begitu lama berada di Liga Eropa tepatnya Belanda. Bahkan, eks pemain Bali United ini pernah membela tiga klub berbeda di Belanda. Seperti Almere City, Telstar, dan SC Cambuur.

2. Marc Anthony Klok

Meski lahir dan besar di Belanda, Marc Klok justru tak pernah membela tim senior di klub Belanda. Klok adalah sosok petualang yang hijrah hingga Inggris dan Skotlandia.

Klok pernah membela klub Skotlandia seperti Ross County dan Dundee FC. Klok juga pernah membela klub Hungaria Cherno More Varna dan klub Inggris Oldham Athletic.

3. Sandy Walsh

Jika proses naturalisasi Sandy Walsh bisa rampung lebih cepat, maka ia akan menjadi pemain yang cukup diandalkan oleh Shin Tae-yong di Piala AFF nanti.

Meski hanya berkutat di Liga Pro Belgia, namun Sandy telah membela beberapa klub besar di sana. Seperti KRC Genk, Zulte Waregem, dan kini KV Mechelen.

4. Jordi Amat

Di antara pemain naturalisasi yang diprediksi bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF nanti, hanya Jordi Amat yang tercatat pernah merasakan atmosfer Liga Premier Inggris. Saat itu, pemain yang kini membela Johor Darul Takzim ini bermain untuk Swansea City.

Selain itu, Jordi juga pernah membela klub Belgia KAS Eupen. Namun yang paling menarik adalah ia sempat berduel dengan dua mega bintang sepak bola seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo ketika berseragam Rayo Vallecano dan Espanyol di La Liga atau .


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid