Timnas Indonesia

STY Masuk Kandidat Pengganti Park Hang-seo di Timnas Vietnam

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo dipastikan tidak memperpanjang kontraknya yang akan berakhir pada akhir Januari 2023 mendatang. Federasi sepakbola Vietnam (VFF) gagal mengamankan jasa sang pelatih yang telah menjadikan Timnas Vietnam sebagai tim terkuat di Asia Tenggara itu. Salah satu rumor berhembus jika Shin Tae-yong akan menggantikan posisinya di Timnas Vietnam.

Di bawah kendali Park Hang-seo, Timnas Vietnam menjadi tim yang amat menakutkan. Meski diisi oleh mayoritas pemain lokal (tidak abroad), namun skuad The Golden Stars Warriors cukup ditakuti oleh tim-tim asal Asia Tenggara. Bahkan, tidak pernah meraih kemenangan sama sekali atas Vietnam di level senior di bawah kendali Shin Tae-yong.

Saat ini, Timnas Vietnam menjadi tim terbaik Asia Tenggara di peringkat FIFA. Dilansir dari laman transfermarkt, Vietnam menempati posisi 96 FIFA jauh di atas Timnas Thailand dan Filipina.

Berkat kesuksesannya itu, banyak publik sepakbola Vietnam ingin VFF memperpanjang kontraknya lagi. Namun berdasarkan kabar terbaru, VFF dan Park gagal menemui kata sepakat. Sehingga bisa dipastikan Park akan pergi di Januari nanti. 2022 adalah turnamen terakhir yang akan ditangani Park bersama Timnas Vietnam.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Tuan Park Hang-seo telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak antara kedua pihak pada 31 Januari 2023,” tulis pernyataan resmi VFF.

“Keputusan ini dibarengi dengan turnamen final Coach Park Hang Seo sebagai pelatih kepala Vietnam adalah AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 bulan Desember,” lanjut pernyataan tersebut.

Di saat rumor ini menyeruak, salah satu media asal Vietnam Bongdaplus justru mengkaitkan nama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebagai pengantinnya. Padahal, kontrak Shin di Timnas Indonesia masih bertahan hingga akhir tahun depan. Bahkan, kontrak STY sempat disebut akan segera diperbaharui karena mampu membawa Timnas Indonesia tembus ke Piala Asia 2023.

“Indonesia bisa mendapatkan sanksi dari FIFA imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. Pelatih Shin Tae-yong mungkin bisa meninggalkan Indonesia untuk mencari pemberhentian baru,” tulis media tersebut.

“Vietnam dianggap sebagai pilihan paling tepat karena kontrak pelatih Park Hang-seo hanya tinggal beberapa bulan lagi, yakni akhir Januari 2023. Pelatih Shin Tae-yong bisa menjadi penggantinya,” lanjutnya.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Meski kontrak Shin masih bertahan hingga akhir tahun depan, namun tak menutup kemungkinan bahwa ia akan meninggalkan Indonesia lebih cepat.

Sebagaimana diketahui sebelumnya,. STY sempat mengancam akan hengkang dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia jika Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mundur dari jabatannya. Iriawan diminta mundur buntut tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan jiwa melayang. Dan disaat yang bersamaan, STY menganggap Iriawan sebagai salah satu orang yang paling mendukung Timnas Indonesia – sehingga secara mengejutkan ia berani angkat kaki jika Iwan Bule memutuskan mundur dari kursi kepemimpinannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments