Timnas Indonesia

Pengamat Sentil Rencana PSSI Perpanjang Kontrak STY: Jangan Terbiasa Buat Keputusan Spontan & Reaktif!



NOBARTV NEWS – Pengamat sepakbola sekaligus komentator kenamaan asal Indonesia Mohamad Kusnaini atau biasa disapa Bung Kus akhirnya menanggapi rencana perpanjangan kontrak STY bersama . Bung Kus meminta PSSI untuk tidak gegabah atau terburu-buru untuk memperpanjang kontrak sang pelatih.

Semua orang tahu, di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mengalami perubahan yang cukup siginifikan. Permainan indah dan menarik diperagakan oleh timnas di seluruh kelompok umur yang ditanganinya. Di bawah kendalinya, Timnas Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 setelah menjadi salah satu runner-up terbaik selama babak kualifikasi.

Bukan itu saja, Shin juga membawa Timnas junior alias Timnas Indonesia U-20 untuk berlaga di Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun depan. Pelatih asal Korea Selatan ini juga kerap mempromosikan pemain junior untuk tampil di tim senior. Seperti yang baru-baru ini ia lakukan, Shin mempromosikan Muhammad Ferrari ke Timnas senior tatkala skuad Garuda menjamu Timnas Curacao dalam ajang FIFA Matchday.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Ferrari merupakan kapten sekaligus bek Timnas Indonesia U-20 yang baru-baru ini membawa skuad Garuda muda lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Atas dasar itulah, PSSI memiliki hajat untuk memperpanjang kontrak sang pelatih. Melalui Ketua Umumnya yakni Mochamad Iriawan, PSSI dikabarkan akan segera membahas hal itu (perpanjangan kontrak) dengan stakeholder PSSI seperti Exco, Sekjen, dan lainnya.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Exco untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Kami juga melihat desakan dari netizen menguat,” papar Iriawan beberapa waktu lalu.

“Atas dasar itu, selain melihat performa tim, PSSI akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Untuk durasinya, kami akan diskusikan lebih lanjut,” ujarnya menambahkan.

Namun, Bung Kus memiliki pandangan berbeda terkait rencana PSSI tersebut. Bung Kus sangat respek dan mengakui kehebatan dan perubahan yang dialami skuad Garuda di bawah STY. Hanya saja, ia meminta PSSI tidak usah tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

“Kita harus jujur mengakui bahwa banyak kemajuan Timnas di tangan STY. Tidak hanya tercermin dari perbaikan peringkat FIFA, tapi juga terlihat langsung di lapangan dalam permainan timnas,” puji Bung Kus.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

“STY juga berhasil membangkitkan kepercayaan diri pemain di lapangan. Sehingga Timnas kini bermain terlihat lebih matang dan solid,” ujarnya menambahkan.

“Bagi saya, kemajuan itu jangan disikapi secara tergesa-gesa. Misalnya dengan buru-buru memberi perpanjangan kontrak yang cukup panjang durasinya,” tambahnya lagi.

Bagi Bung Kus, biarkan Shin Tae-yong untuk tetap fokus dengan sisa kontrak yang dimilikinya sampai saat ini. Di samping itu, PSSI tetap memberikan evaluasi terhadap kinerjanya. Jika memang sudah waktunya, maka PSSI bisa membahasnya dengan yang bersangkutan.

“Saran saya, biarkan kontrak yang ada berjalan dulu. Sambil kita terus mengevaluasi. Menjelang akhir masa kontrak, misalnya sisa enam bulan lagi, baru putuskan secara cermat.”

“PSSI jangan terbiasa membuat pernyataan dan keputusan yang spontan dan reaktif. Putuskan semuanya secara cermat dengan pertimbangan matang. Ingat, dulu PSSI juga sempat mengangkat isu mau mengevaluasi STY,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid