Timnas Indonesia

AFF Ungkap Alasan Ngotot Laga Kandang Timnas Indonesia Dihadiri Penonton



NOBARTV NEWS – AFF selaku penyelenggara event 2022 sangat mengharapkan kehadiran suporter dalam laga kandang . Bahkan, AFF mengirim perwakilannya ke Indonesia guna membahas kemungkinan itu. Baru-baru ini, AFF mengungkapkan alasannya ngotot ingin laga kandang Timnas Indonesia bisa dihadiri oleh penonton.

Diketahui, Piala AFF 2022 akan menggunakan format round robin. Pada tahun 2018 lalu, AFF juga menggunakan format tersebut. Format ini memungkinkan setiap tim untuk bermain sebagai tuan rumah dan juga bermain sebagai tim tamu. Timnas Indonesia sendiri akan bertindak sebagai tuan rumah ketika menjamu Timnas Thailand dan Kamboja. Sedangkan di laga melawan Brunei Darussalam dan Filipina, Marc Klok dkk akan melakukan laga tandang.

PSSI telah menunjuk Stadion Pakansari Bogor sebagai kandang Timnas Indonesia. Namun dikarenakan pemerintah tengah menghukum seluruh pertandingan di Indonesia tanpa kehadiran penonton, maka laga skuad Garuda Indonesia di laga Piala AFF nanti ikut terancam tanpa kehadiran suporter.

Hal itu kemudian membuat AFF mengirim wakilnya ke Indonesia guna menemui Menpora RI Zainudin Amali. Presiden AFF mengutus Francisco Kalbuadi untuk datang ke Indonesia. Dalam pertemuan itu, AFF meminta bantuan kepada Menpora agar laga Timnas Indonesia nanti bisa dihadiri oleh suporter.

“Kami semua menyadari bahwa Indonesia adalah satu negara yang mempunyai penonton terbanyak di ASEAN dan juga pecinta sepak bola terbesar di Asia,” terang Francisco Kalbuadi.

“Oleh karena itu, ke depan mari kita bergandengan tangan untuk memajukan sepak bola di ASEAN khususnya di Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Piala AFF sendiri akan dilangsungkan pada 20 Desember dan berakhir pada tahun depan tepatnya pada tanggal 16 Januari 2023. Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjamu Kamboja pada 23 Desember dan Thailand enam hari sesudahnya.

Francisco menyarankan Timnas Indonesia harus segera memulai pertandingan internasionalnya. Ia mengungkapkan alasan utamanya mengapa ia ngotot laga Timnas Indonesia bisa dihadiri oleh penonton. Menurutnya, dengan kehadiran penonton, maka Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan yang sempat dideritanya akibat Tragedi Kanjuruhan. Diketahui, persepakbolaan tanah air vakum sejak kejadian yang menewaskan ratusan jiwa itu.

Francisco juga menyebut alasan lainnya mengapa pihaknya ingin laga kandang Timnas Indonesia bisa dihadiri penonton. Katanya, hal itu (kehadiran suporter) mampu membangkitkan sepak bola serta memberikan semangat baru lagi.

“Cuma timnas kan harus segera main di level internasional, saya yakin bahwa Timnas akan membangkitkan sepakbola Indonesia, dan memberikan semangat baru untuk sepak bola Indonesia,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments