Timnas Indonesia

Kelelahan, STY Diminta Pulang ke Korea Selatan



Kelelahan, STY Diminta Pulang ke Korea Selatan
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Padatnya jadwal yang dimiliki Shin Tae-Yong membuat ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan iba. Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu meminta Shin Tae-Yong untuk beristirahat usai ia menangani di U-19.

Terhitung, sejak awal tahun lalu hingga hari ini, pelatih kelahiran Yeongdeok itu sangat minim istirahat.

Awal tahun ini, ia menangani timnas senior di Piala AFF 2020. Saat itu, Timnas Indonesia mampu melangkah hingga babak final.

Setelah itu, agenda FIFA Matchday di awal Pebruari membuat Shin Tae-Yong kembali mengumpulkan skuadnya. Dalam laga FIFA Matchday tersebut, Timnas Indonesia sukses memenangkan dua laga dari dua pertandingan.

Usai FIFA Matchday, Shin Tae-Yong harus kembali membesut Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23. Namun, dikarenakan kasus covid-19 yang menimpa skuad Garuda, Shin Tae-Yong akhirnya memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan mereka dalam ajang tersebut.

Gagal mengikuti turnamen AFF U-23, Shin Tae-Yong kembali terbang ke Korea Selatan bersama Timnas U-19. Di sana, Ronaldo Kwateh dkk berkesempatan melakukan pemusatan latihan sekaligus beberapa kali melakukan ujicoba.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Timnas U-19 pulang ke Indonesia, Timnas U-23 menggantikan mereka. Shin Tae-Yong kembali disibukkan dengan agenda yang sama – di tempat (Korea Selatan) yang sama, namun dengan skuad yang berbeda (timnas U-23).

Pemusatan latihan di Korea Selatan selesai, Shin Tae-Yong dan skuad Timnas U-23 terbang ke Vietnam guna mengikuti SEA Games 2021.

Dalam ajang tersebut, Shin Tae-Yong berhasil membawa Marc Anthony Klok dkk finis di urutan ketiga. Mereka takluk dari Timnas Thailand di partai semifinal namun sukses mengalahkan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Turnamen SEA Games 2021 tidak menjadi akhir dari perjalanan Shin Tae-Yong. Kali ini, ia harus menangani Timnas senior di ajang . Di saat yang bersamaan, Timnas U-19 harus terbang ke Prancis untuk mengikuti Piala Toulun 2022.

Padatnya jadwal yang dimiliki Shin Tae-Yong membuat ia akhirnya melepas Timnas U-19 kepada sang asisten, Dzenan Radoncic.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Perjudian yang akhirnya membuahkan hasil. Di Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-Yong berhasil membawa anak asuhnya finis di urutan kedua klasemen akhir grup A – dan menjadikan mereka sebagai salah satu runner-up terbaik sehingga berhak untuk mentas di Piala Asia 2023.

Kurang dari setengah bulan setelah babak kualifikasi tersebut, Shin Tae-Yong kembali disibukkan dengan agenda Timnas U-19. Bertindak sebagai tuan rumah, Marselino Ferdinan dkk tergabung di grup A bersama Timnas Vietnam, Thailand, Myanmar, Brunai Darussalam, dan Filipina dalam ajang Piala AFF U-19 – yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 Juli mendatang.

Padatnya jadwal yang dimiliki Shin Tae-Yong membuat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memintanya untuk beristirahat. Iriawan telah memerintahkan kepada Shin Tae-Yong agar beristirahat usai event Piala AFF U-19.

“Kami akan kasih cuti Shin Tae-yong pada Juli. Kasihan juga. Dia mesti pulang ke Korea Selatan untuk bertemu keluarganya,” terang Mochamad Iriawan.

Usai liburan nanti, Shin Tae-Yong akan kembali membesut Garuda muda untuk melakoni laga Kualifikasi Piala Asia U-20.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid