Timnas Indonesia

Bek Sayap Naturalisasi Shayne Pattynama Ingin Pensiun di Liga Indonesia



NOBARTV NEWS – Dalam daftar 7 pemain naturalisasi di skuad saat ini, mayoritas di antara mereka bermain di luar negeri. Salah satunya adalah Shayne Pattynama yang diketahui bermain untuk klub Norwegia Viking FK. Menariknya, baru-baru ini Pattynama mengungkapkan keinginannnya untuk mengakhiri karier sepakbolanya di Liga Indonesia pada masa mendatang.

Seperti yang diketahui, pada FIFA Matchday Juni kemarin, untuk pertama kalinya, Shin Tae-yong banyak memanggil pemain naturalisasi dan abroad. Jika dipisahkan, skuad Garuda yang berstatus sebagai pemain naturalisasi kemarin adalah Marc Anthony Klok, Stefano Lilipaly, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Sementara itu, untuk pemain abroad, pelatih berkebangsaan Korea Selatan tersebut memboyong 10 nama. Lima di antara pemain abroad tersebut juga berstatus sebagai pemain naturalisasi. Kelimanya adalah Sandy Walsh (KV Mechelen), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Shayne Pattynama (Viking FK), Ivar Jenner (FC Utrecht) dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Adapun lima pemain abroad lainnya adalah Saddil Ramdani (Sabah FC), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Ipswich Town), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Menariknya, dalam daftar pemain abroad sekaligus yang berstatus naturalisasi tersebut, tiga di antaranya menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia. Ivar Jenner dan Rafael Struick mendapatkan kesempatan debut ketika berjumpa Timnas Palestina. Sedangkan Pattynama, eks pemain SC Telstar itu turun sejak menit pertama ketika skuad Garuda berhadapan dengan skuad Argentina.

Baru-baru ini, Pattynama melakukan sebuah wawancara dengan media asal Belanda VoetbalZone. Dalam wawancara tersebut, Pattynama mengungkapkan perasaannya menjalani debut bersama skuad Garuda. Ia juga sedikit bercerita terkait momen demi momen yang ia jalani dalam waktu singkat bersama punggawa Timnas Indonesia lainnya.

Salah satu hal yang disinggung Pattynama bersama VoetbalZone adalah mengenai rencana masa depannya. Ternyata, ia menyimpan keinginan suatu hari nanti untuk mengakhiri karier sepakbolanya di Indonesia. Singkatnya, Pattynama memiliki angan untuk pensiun sebagai pesepakbola di klub Indonesia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Itu (main di Liga Indnesia) memang tampak indah bagi saya dan saya pasti terbuka untuk itu. Ini juga sedikit bagaimana saya melihatnya di depan saya,” kata Pattynama kepada Voetbalzone.

“Ketika saya sudah lebih tua, saya ingin mengakhiri karir saya di Indonesia dengan bermain sepak bola di sana selama beberapa tahun,” ujarnya menambahkan.

Namun lebih lanjut, kata Pattynama lagi, saat ini ia tengah fokus meniti kariernya di Eropa. Ia berkeyakinan dan percaya kalau di Eropa, ia masih mempunyai karier hebat sebelum akhirnya bermain di Indonesia nanti.

“Untuk saat ini, bagaimanapun, saya sangat percaya bahwa saya dapat memiliki karir yang hebat di Eropa. Di situlah fokus penuh saya,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment