Intermezzo

Usai Didepak PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro ‘Nyalon’ Jadi Anggota Dewan

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSS Sleman resmi mendepak pelatihnya yakni Seto Nurdiyantoro beberapa waktu lalu. Dan ternyata, sang pelatih kini banting setir. Seto resmi mendaftarkan diri sebagai calon legislatif anggota DPR RI.

Sebagaimana diketahui, pada musim 2022-2023 kemarin, PSS Sleman hanya menempati peringkat 16 dari 18 kontestan Liga 1. Sepanjang total 34 pertandingan yang dilakoninya, tim asal DIY Yogyakarta itu hanya mampu mencatatkan 10 kemenangan saja. Mereka menelan kekalahan dua kali lipat atau sebanyak 20 kali. Namun beruntungnya, mereka tidak terdegradasi ke divisi bawah Liga 2. Sebab usai Tragedi Kanjuruhan pecah dan sepakbola Indonesia sempat vakum, PSSI akhirnya memutuskan Liga 1 tanpa degradasi serta Liga 2 dihentikan untuk sementara.

Keberuntungan untuk tetap bertahan di Liga 1 itu membuat PSS Sleman mendepak banyak pemainnya untuk mengarungi musim depan (2023-2024). Tak hanya pemain, manajemen PSS Sleman juga menggusur posisi Seto Nurdiyantoro sebagai pelatih.

Sejatinya, begitu didepak, seorang pelatih akan dicari-cari oleh beberapa klub untuk menukangi timnya. Apalagi Seto memiliki rekam jejak yang cukup baik. Pada tahun 2018 lalu, eks pelatih PSIM Yogyakarta itu membawa PSS Sleman promosi ke kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia atau Liga 1.

Namun ternyata tidak bagi Seto. Alih-alih menunggu panggilan untuk menjadi pelatih di sebuah klub baru, ia malah terjun ke dunia politik. Terjunnya Seto tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial. Terlebih baru-baru ini eks Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga melakukan hal yang sama. Diketahui, Iriawan resmi bergabung dengan Partai Gerindra.

Untuk Seto sendiri, dikabarkan ia masuk ke Partai Nasdem. Ia akan turut bersaing dalam pemilihan calon legislatif (caleg DPR RI) yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang. Ketua Bapilu Nasdem DIY, Aulia Reza Bastian memastikan bahwa Seto sudah menandatangani pakta integritas di partai milik Surya Paloh itu.

“Dapilnya DIY, tapi yang lebih mengetahui pencalonannya DPP, karena yang mengurus pencalonan DPR RI dari Pusat,” kata Reza Bastian dalam jumpa pers di Kantor KPU DIY Kamis 11 Mei kemarin.

Lebih lanjut, kata Reza lagi, kehadiran Seto akan membuat popularitas partai akan semakin baik. Sebab tak bisa dipungkiri, nama Seto sangat terkenal di kalangan sepak bola tanah air – khususnya DIY Yogyakarta yang merupakan tempat kelahirannya.

“Kami punya Seto sekarang, yang jelas punya popularitas di masyarakat DIY. Siapa yang tidak tahu Seto, dari saat jadi pemain sampai pelatih, saya kira semuanya tahu,” ujarnya menambahkan.

Wartawan sempat meminta konfirmasi dari Seto sendiri, akan tetapi yang bersangkutan belum memberikan jawabannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid