Intermezzo

Hasil Tim ASEAN di Matchday Kedua Piala Asia 2023: Vietnam Dipulangkan Indonesia, Thailand Tak Terkalahkan!



NOBARTV NEWS – Matchday kedua Piala Asia 2023 sudah selesai digelar. Bagaimana kiprah para wakil Asia Tenggara di laga keduanya itu?

Seperti yang diketahui, terdapat empat negara Asia Tenggara (ASEAN) yang kini tengah unjuk gigi di kompetisi sepakbola tertinggi di benua Asia yakni Piala Asia 2023. Keempat negara tersebut adalah , Timnas Vietnam, Timnas Malaysia, dan Timnas Thailand.

Menariknya, keempat negara tersebut – pada tahun 2007 juga tampil pada even yang sama. Hanya saja, tampilnya Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand kala itu karena ke-empat-empatnya berstatus sebagai tuan rumah bersama (Piala Asia 2007). Dan kini, setelah belasan tahun lamanya, ke-empatnya kembali berlaga pada even yang sama dengan status berbeda.

Sayangnya, pada laga perdananya beberapa waktu lalu, dari empat tim ASEAN itu, hanya Thailand yang mencatatkan hasil memuaskan. Thailand sukses mengalahkan Kirgistan 2-0 sedangkan tiga negara Asia Tenggara lainnya meraih hasil buruk. Indonesia dipermalukan Irak 3-1, Vietnam dibungkam Jepang 4-2, dan Malaysia dibantai Yordania 0-4.

Aksi Asnawi Mangkualam berhentikan pemain Vietnam (sumber: Instagram @afcasiancup)
Aksi Asnawi Mangkualam berhentikan pemain Vietnam (sumber: Instagram @afcasiancup)

Lantas, bagaimana dengan matchday kedua yang baru saja digelar? Apakah hasil buruk masih diderita oleh mereka? Berikut rangkumannya:

1. Timnas Indonesia

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada matchday kedua Piala Asia 2023 grup D. Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, skuad Garuda sukses membungkam sang lawan dengan skor akhir 1-0. Satu gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar.

Saat itu, Asnawi mencetak gol lewat titik putih setelah Rafael Struick dijatuhkan secara paksa di kotak 12 pas. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan pertama yang dibuat oleh anak asuh Shin Tae-yong itu. Kini, skuad Garuda memiliki tiga poin dan bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara grup D.

2. Timnas Vietnam

Kebalikan dari Timnas Indonesia, Vietnam untuk kedua kalinya menderita kekalahan di Piala Asia 2023 ini. Setelah dibungkam Jepang 4-2, anak asuh Philippe Troussier itu kembali dipermalukan Timnas Indonesia dengan skor akhir 1-0. Kekalahan untuk kedua kalinya di ajang tersebut membuat Vietnam dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023. Ya, walaupun Nguyen Quang Hai dkk masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Irak, namun hasil akhir dari laga itu tidak akan membuat mereka beranjak dari klasemen dasar grup D.

3. Timnas Malaysia

Nasib miris juga diderita oleh Malaysia. Skuad berjuluk Harimau Malaya itu kembali dikalahkan untuk kedua kalinya. Setelah dibantai Yordania 4-0, anak asuh Kim Pan-gon itu lagi-lagi dikalahkan oleh tim asal timur tengah lainnya yakni Timnas Bahrain. Pada laga kontra Bahrain, Timnas Malaysia dikalahkan dengan skor tipis 1-0. Kekalahan tipis itu membuat Malaysia dipastikan tersingkir alias gagal melaju ke babak 16 besar.

Pada laga pamungkas grup E nanti, Malaysia akan berhadapan dengan Timnas Korea Selatan. Hasil akhir di pertandingan ini akan tetap membuat skuad Malaysia pulang dari ajang tersebut.

4. Timnas Thailand

Satu-satunya tim Asia Tenggara yang tampil impresif di Piala Asia 2023 ini hanyalah Timnas Thailand. Dalam dua pertandingan yang sudah dilakoninya, Thailand tak sekalipun pernah menerima kekalahan. Pada pertandingan pembuka, Thailand menang dengan skor meyakinkan 2-0 atas Kirgistan. Sedangkan pada pertandingan yang digelar tadi malam, skuad Gajah Perang ditahan imbang Oman 0-0. Hasil tersebut membuat Thailand bertengger di peringkat 2 klasemen sementara grup F dengan empat poin. Thailand juga berpeluang besar untuk lolos ke babak 16 besar secara langsung tanpa mengincar posisi ketiga terbaik seperti Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid