Timnas Indonesia

Coach Justin Dukung Bima Sakti Pakai Pemain Keturunan di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Pengamat sepakbola Coach Justin memberikan komentarnya terkait keberadaan pemain keturunan di U-17. Sang pengamat mendukung penuh Bima Sakti menggunakan pemain keturunan di ajang nanti.

Seperti yang diketahui, di waktu dekat ini – Timnas Indonesia U-17 akan tampil dalam ajang bergengsi bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Di even ini, skuad Garuda Asia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Jadi, pada Jumat 23 Juni kemarin, FIFA lewat laman resminya telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah setelah sebelumnya Peru dinyatakan batal. Ya, pada awalnya, Peru diminta sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Tapi karena negara asal Amerika Latin itu dihantam berbagai masalah, dari bencana alam hingga krisis ekonomi, FIFA pada akhirnya membatalkan status mereka.

Ujungnya, FIFA pun memilih Indonesia karena dari segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM), Indonesia menjadi tim paling siap.

Begitu dipilih sebagai tuan rumah, PSSI dan Pemerintah RI bergerak menyiapkan diri dengan maksimal. Salah satu hal yang dipersiapkan oleh Pemerintah RI melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) adalah dengan mengumpulkan data terkait pemain keturunan di luar negeri. Dari data yang diterima oleh PSSI, terdapat 30 pemain keturunan yang berpeluang besar untuk membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga:  Pemain Irak Dukung Skuad Garuda Kalahkan Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Mencari pemain keturunan tersebut tak lepas dari persiapan yang serba cepat dan terbatas. Dengan ketiadaan liga untuk kelompok umur tersebut, terpaksa, PSSI mengambil jalan cepat untuk mencari pemain keturunan.

Mengumpulkan pemain keturunan untuk berlaga di even Piala Dunia U-17 mendapat sindiran dari beberapa kalangan. Namun bagaimana lagi, menyiapkan tim terbaik dengan full pemain ‘Indonesia' dalam waktu kurang dari enam bulan tak mungkin dilakukan. Oleh karenanya, dari 34 pemain yang diminta untuk mengikuti TC pada Senin 10 Juli kemarin, 6 di antara pemain yang dipanggil merupakan Pemain keturunan.

Di antara banyaknya sorotan terkait pemain keturunan tersebut, salah satu pengamat sepakbola Indonesia Coach Justin justru memberikan dukungannya kepada Bima Sakti.

“Anda harus lihat dari dua sisi. Kondisinya sih ini agak menyedihkan, kenapa dia [Bima] tidak bisa mengambil? Saya dukung Bima. Kenapa dia melakukan itu? Karena di lokalnya tidak banyak stok” kata Justin dalam wawancara bersama Sport CNN Indonesia.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

“Apa ada liga reguler di U-17? Enggak ada. Kalau dibandingkan timnas Jerman, Spanyol, Italia, tinggal petik pemain main di liga ini. Tolong ambil data dan ambil terus dites, karena liganya dari kelompok umur berjalan. Nah di sini kan tidak ada,” ujarnya menambahkan.

“Mau ambil pemain dari mana? Dari liga mahasiswa, dari tarkam, dari ini, dari itu. Nah, Bima tidak jauh beda [kondisinya]. Pada saat dia dikasih kesempatan diaspora, kenapa enggak?”

“Intinya kita melanggar aturan atau tidak. Pada saat Anda punya darah Indonesia dari generasi ketiga, mengalir darah dari kakek nenek Anda, ya Anda berhak membela Timnas,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment