Timnas Indonesia

Mengenal Timnas Moldova U-20, Calon Lawan Uji Coba Timnas Indonesia di Eropa



NOBARTV NEWS – Timnas Moldova U-20 dipastikan akan menjadi lawan uji coba U-20 selain Timnas Turki dan tim lokal Antalyaspor. Jika melihat rekam jejak tim senior Moldova di peringkat FIFA, mereka jauh berada di bawah Indonesia. Lalu bagaimana dengan tim juniornya?

Dilansir dari laman transfermarkt, Timnas Moldova senior bertengger di posisi 174 dunia atau jauh di bawah Timnas Indonesia. Namun demikian, yang akan dilawan Timnas Indonesia nanti adalah tim juniornya. Akan tetapi bisa dibilang tim junior dan tim senior sebuah negara tidak terlalu jauh berbeda (kualitas). Sama seperti Timnas Indonesia senior dengan Timnas Indonesia U-20.

Saat ini, Timnas Moldova U-20 dilatih oleh Stefan Stoica. Stefan Stoica adalah pelatih yang dulunya seorang pesepakbola yang berposisi sebagai striker. Lucunya, meski Stefan Stoica melatih Moldova U-20, ia juga tercatat sebagai pelatih ad-interim untuk klub Moldova CF Spartanii Selemet. Di Timnas Moldova U-20, eks pemain FC U Craiova 1948 ini telah menangani tim kelompok umur tersebut dalam 11 pertandingan.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Untuk diketahui sebelumnya, Stefan Stoica melatih tim muda tersebut sejak 1 Maret 2021. Adapun dalam total 11 pertandingan tersebut, Stefan Stoica dan Timnas Moldova U-20 telah meraih 3 kali kemenangan, 4 kali imbang, dan 4 kali menelan kekalahan.

Lalu bagaimana dengan skuadnya?

Saat ini, Timnas Moldova U-20 diisi oleh 22 pemain dengan rataan umur 18,4 tahun. Menariknya, lima pemain muda Moldova bermain di luar negeri atau di luar kompetisi domestik Super Liga.

Kelima pemain tersebut adalah Cornelius Staver (Pescara U-19), Vicu Bulmaga (Teplice B), Nichita Gorea (Johvi Phoenix), Vlad Ursu (Würzburger Kickers II), dan Daniel Muntean (Foresta Suceava).

Pemain termahal di skuad muda Moldova adalah Mihai Lupan dan Vicu Bulgama dengan nilai pasaran 2,61 miliar rupiah. Akan tetapi jumlah tersebut masih di bawah pemain termahal Timnas Indonesia U-20 Marselino Ferdinan dengan harga pasaran mencapai 3,91 miliar rupiah.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Meski komposisi skuad Moldova U-20 diisi oleh banyak pemain abroad, namun bukan tidak mungkin bagi Timnas Indonesia untuk menang atas sang lawan. Terlebih Timnas Indonesia U-20 sendiri telah cukup lama bersama mengarungi beberapa even penting dalam tahun ini. Seperti U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Adapun laga antara Timnas Indonesia U-20 Vs Moldova U-20 sendiri akan dilangsungkan sebanyak dua kali. Melansir laman transfermarkt, dua pertandingan tersebut masing-masing akan dilangsungkan pada tanggal 1 November dan 4 November 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid