Timnas Indonesia

Bima Sakti Boyong 14 Alumni Piala AFF U-16 2022 ke Piala Dunia U-17, Siapa Saja Mereka?



NOBARTV NEWS – Bima Sakti masih mengandalkan wajah-wajah lama dalam skuad U-17 untuk 2023. Dari 21 pemain yang resmi didaftarkan untuk ajang tersebut, 14 di antaranya merupakan mantan anak asuhnya di U-16 2022.

Seperti yang diketahui, pada Rabu kemarin (01/11), Bima Sakti melalui PSSI resmi mengumumkan nama-nama pemain yang akan tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Di ajang internasional tersebut, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Untuk menghadapi tiga tim kuat yang berhasil mentas di putaran final Piala Dunia U-17 itu, PSSI sejak berbulan-bulan lalu melakukan persiapan yang sangat banyak. Di dalam negeri, Bima Sakti telah melakukan pemusatan latihan dan beberapa laga uji coba. Tak hanya itu saja, PSSI juga menggelar seleksi pemain Timnas U-17 di berbagai kota se-Indonesia.

Tak puas dengan dua hal tersebut, PSSI berulangkali memanggil pemain diaspora yang jumlahnya tak sedikit untuk mengikuti serangkaian TC di dalam negeri. Terakhir, beberapa waktu lalu, PSSI juga memberangkatkan 30 punggawa Timnas Indonesia U-17 untuk melakukan TC di Jerman.

Selama berada di Jerman, anak asuh Bima Sakti itu juga melakoni beberapa laga uji coba. Tercatat, Arkhan Kaka dkk melakukan tujuh laga uji coba. Dalam tujuh uji coba tersebut, mereka meraih dua kemenangan, satu kali imbang, dan sisanya – yakni empat laga berakhir dengan kekalahan.

Dan kini, setelah mereka kembali ke tanah air, Bima selaku pelatih langsung menyimpulkan 21 dari 30 pemain yang akan bertanding di ajang tersebut. Ke-21 nama pemain yang dibawanya merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukannya selama berbulan-bulan termasuk dengan persiapan mereka di Jerman beberapa waktu lalu.

Bima Sakti Boyong 14 Alumni Piala AFF U-16 2022 ke Piala Dunia U-17, Siapa Saja Mereka?
Punggawa Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 tahun lalu

Dan ternyata, dalam daftar 21 nama yang menjadi pilihannya itu, mayoritas dari mereka adalah pemain yang pernah bekerja sama dengan Bima sebelumnya. Ya, sebanyak 14 dari 21 pemain tersebut merupakan alumni Piala AFF U-16 pada tahun 2022. Di mana, pada saat itu, Bima sukses membawa skuadnya meraih juara usai membungkam Timnas Vietnam di partai puncak.

Jadi, dari 21 nama itu, hanya tujuh pemain baru yang resmi diboyong Bima ke Piala Dunia U-17. Bahkan, dua dari tujuh nama tersebut adalah pemain diaspora yakni Rayhan Brkic dan Welber Jardim. Sisanya yakni lima pemain bisa dikatakan merupakan pemain hasil jaringan Bima selama berbulan-bulan lamanya ini.

Berikut 14 almuni Piala AFF U-16 yang dibawa Bima Sakti ke Piala Dunia U-17 2023:

Andrika Fathir Rachman

Rizdjar Nurviat Subagia

Mohamad Adre Pangestu

Sulthan Zaki Pramana Putra

Habil Akbar

M Iqbal Gwijangge

Achmad Zidan Arrosyid

Mokh Hanif Ramadhan

Figo Dennis Saputrananto

Muhammad Kafiatur Rizky

Ji Da Bin

Muhammad Rizki Afrisal

Arkhan Kaka

Muhammad Nabil Asyura

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid