FAQs Pertandingan

Deretan 12 Pemain yang Berjasa Bawa Indonesia ke Piala Asia 2023 tapi Dicoret STY, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Sebanyak 12 pemain yang sukses membawa tampil di Piala Asia 2023 dicoret oleh STY. Siapa saja mereka?

Seperti yang diketahui, Piala Asia 2023 merupakan even sepak bola terbesar yang diikuti oleh Timnas Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang ini. Terakhir kali mereka tampil di ajang serupa adalah pada tahun 2007. Saat itu, skuad Garuda menjadi tuan rumah bersama di Piala Asia 2007. Empat negara ASEAN (Asia Tenggara) kala itu menjadi tuan rumah untuk even sepakbola terbesar di benua Asia ini. Sayangnya, langkah skuad Garuda pada Piala Asia 2007 terhenti di fase grup

Hingga akhirnya, setelah melewati beberapa edisi demi edisi, skuad Garuda akhirnya kembali menginjakkan kakinya di even tersebut. Pada tahun ini, Timnas Indonesia masuk dalam jajaran 24 tim yang akan beraksi di ajang ini. Di Piala Asia 2023 ini sendiri Timnas Indonesia satu grup dengan Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Untuk diketahui, langkah mereka untuk bisa berlaga di Piala Asia 2023 ini tidaklah mudah. Indonesia harus berjuang lewat babak kualifikasi terlebih dahulu. Bahkan, mereka harus bersaing dari babak play off . Ya, di babak play off ini, anak asuh Shin Tae-yong itu dihadapkan dengan Timnas China Taipei dalam dua laga. Beruntungnya, dari dua laga alias dua leg itu, skuad Garuda menang dengan skor agregat 5-1.

Baca Juga:  FAQs Brighton vs Aston Villa: Jadwal, H2H, Prediksi Skor Pertandingan

Setelah lolos dari play off, barulah mereka berhak untuk masuk ke ronde ketiga. Di ronde ketiga ini, Timnas Indonesia tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Dan tanpa diduga-duga, dengan statusnya sebagai tim yang melaju lewat babak play off (ke Kualifikasi Piala Asia ronde ketiga), Indonesia berhasil mengakhiri posisinya di peringkat kedua. Ya, Marc Klok dkk finis di peringkat kedua klasemen akhir grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 ronde ketiga. Hasil itu membuat mereka – pada akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia 2023 Qatar.

Keberhasilan tersebut tentunya bukan semata-mata dari kinerja atau taktik sang pelatih – dalam hal ini Shin Tae-yong saja. Ada andil para pemain yang secara langsung berduel di atas lapangan. Para pemain itulah yang menjadi garda terdepan dalam keberhasilan skuad Garuda tampil di Piala Asia ini.

Baca Juga:  FAQs Voronezh vs Zenit: Jadwal, H2H, Prediksi Skor Pertandingan

Namun sayangnya, ternyata, terdapat 12 pemain yang berjasa membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 tetapi mereka justru tak dibawa oleh Shin Tae-yong. Banyak faktor yang mendasari Shin tidak memakainya lagi walaupun kinerjanya sukses sejauh ini. Justru, banyak juga pemain baru yang tidak tampil di babak kualifikasi namun mereka dibawa ke even tersebut. Sebut saja seperti Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Jordi Amat, dan beberapa pemain naturalisasi lainnnya.

Deretan 12 Pemain yang Berjasa Bawa Indonesia ke Piala Asia 2023 tapi Dicoret STY, Siapa Saja?
Saddil Ramdani, salah satu pemain yang tersisih dari Piala Asia 2023

Lantas siapa saja pemain berjasa namun tidak dibawa ke Piala Asia 2023? Berikut daftarnya:

  1. Muhammad Rafli
  2. Irfan Jaya
  3. Nadeo Argawinata
  4. Stefano Lilipaly
  5. Terens Puhiri
  6. Fachruddin Aryanto
  7. Koko Ari
  8. Rachmat Irianto
  9. Syahrian Abimanyu
  10. Muhammad Adisatryo
  11. Alfeandra Dewangga
  12. Saddil Ramdani

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid