Timnas Indonesia

Efek Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, STY Yakin Masa Depan Timnas Indonesia Cerah

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Setelah berhasil membawa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong cukup optimis dengan masa depan skuad Garuda. Sang pelatih yakin masa depan sepakbola Timnas Indonesia akan cerah.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia turut tampil dalam ajang sepak bola tertinggi di Asia yakni Piala Asia 2023. Dalam even tersebut, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Jepang.

Sepanjang pertandingan di fase grup, Ivar Jenner dkk hanya mampu meraih satu kemenangan saja. Kemenangan itu didapatkan atas Timnas Vietnam dengan skor akhir 1-0. Satu-satunya gol kala itu dibuat oleh sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar.

Adapun di dua laga lainnya kontra Irak dan Jepang, skuad Garuda selalu menelan kekalahan. Mereka takluk 3-1 dari Timnas Irak dan juga kembali dipermalukan Jepang dengan skor yang sama 1-3. Kendati demikian, dengan satu-satunya kemenangan tersebut, skuad Garuda dinyatakan lolos ke babak 16 besar karena menjadi satu dari 3 peringkat terbaik.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Kelolosan ini pun menjadi sejarah sebab sebelumnya, Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup. Walaupun di pertandingan berikutnya pada babak 16 besar itu mereka takluk dari Australia 4-0, namun sejarah akan tetap mencatat kalau di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sudah membuat rekor yang membanggakan.

Efek Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, STY Yakin Masa Depan Timnas Indonesia Cerah
Shin Tae-yong ketika memberikan instruksi dari pinggir lapangan (sumber: IG @timnas.indonesia)

Kelolosan ini pun rupanya juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang pelatih Shin Tae-yong. Kepada media Korea, Shin menceritakan pengalamannya membersamai Timnas Indonesia hingga ke babak 16 besar. Kata Shin, ia tidak merasa begitu kecewa meski di babak 16 besar itu tim-nya menelan kekalahan. Karena pada dasarnya, target yang diusungnya sudah tercapai.

“Saya dapat meninggalkan turnamen dengan semangat yang baik karena saya mencapai tujuan saya untuk mencapai babak 16 besar di Piala Asia Qatar,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Lebih lanjut, dengan banyaknya pemain muda yang dimiliki Timnas Indonesia – serta keberhasilan meloloskan diri ke babak 16 besar, Shin yakin masa depan skuad Garuda akan cerah di masa mendatang.

“Ini sangat bermakna untuk menulis sejarah baru. Saya juga merasa sangat senang bisa mencapai hasil yang saya tuju dengan para pemain yang masih sangat muda. Masa depannya cerah dan positif,” ujarnya menambahkan.

Shin juga menyoroti semangat dari para pemainnya. Ia menyebut para pemain tidak gampang menyerah walaupun sang lawan berhasil membuat gol ke gawangnya.

“Tetapi para pemain tetap tidak menyerah. Saya melihat sisi positif dari tim kami karena para pemain kami bermain bagus melawan tim yang jauh lebih baik dari kami.”

“Dulu, jika kami mencetak gol seperti itu, kami akan mudah menyerah dan berpikir, ‘Kami tidak bisa melakukan ini.' Sekarang saya bertekad untuk melakukannya sampai akhir,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *