Timnas Indonesia

Segrup di Piala Asia 2023, Erick Thohir Sanjung Timnas Vietnam



NOBARTV NEWS – Erick Thohir memberikan sanjungan kepada Timnas Vietnam setelah kedua tim asal Asia Tenggara itu tergabung di grup yang sama di Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, pada drawing Piala Asia 2023 yang dilakukan di Doha Qatar kemarin, diwakili oleh Erick Thohir, Shin Tae-yong, dan anggota Exco PSSI menghadiri acara tersebut. Para pemimpin federasi dan pelatih tim nasional dari 23 kontestan Piala Asia 2023 lainnya juga turut menyertai. Sudah pasti, Presiden AFC Salman bin Ibrahim Al Khalifa dan Presiden FIFA Gianni Infantino turut menyertai.

Dalam babak drawing ini, 24 kontestan dibagi ke dalam masing-masing pot dari pot 1 sampai 4. Setiap pot dihuni oleh enam tim. Pot 1 diisi oleh para tim raksasa Asia, diikuti dengan pot 2 dan seterusnya. Skuad Garuda sendiri tergabung di pot terakhir atau pot 4. Secara peringkat di rangking FIFA, Timnas Indonesia menjadi tim dengan peringkat terendah dibandingkan 23 kontestan lainnya. Oleh sebab itu, anak asuh Shin Tae-yong tersebut berada di pot 4.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Ketika undian pot 4 diumumkan, anak asuh Shin Tae-yong itu masuk dalam grup D. Lima tim lainnya yang juga tergabung di pot 4 tersebut juga dimasukkan ke masing-masing grup lainnya seperti A, B, C, E, dan F. Secara mengejutkan, tim asal Asia Tenggara lainnya yakni Timnas Vietnam di pot 2 juga tergabung di grup D tersebut. Adapun dari pot 3, tim asal timur tengah yakni Timnas Irak juga berada di sana (grup D). Tim yang sejauh ini terbaik dan berada di pot 1 yakni Timnas Jepang juga turut menyertai.

Pasca keluarnya hasil drawing tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan rasa optimisme yang cukup tinggi. Erick tak sekalipun gentar walaupun Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang yang notabenenya merupakan tim langganan di Piala Dunia. Bahkan di kemarin, Takefusa Kubo dkk melaju hingga babak 16 besar. Mereka mampu mengalahkan Timnas Jerman dan Spanyol di fase grup.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh. Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit dan semua dimulai dengan skor 0-0. Kita siap, meski tantangannya tidak mudah,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Timnas kita terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski kita tahu Piala Asia ini dihuni negara yang levelnya sudah dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang kita untuk semakin meningkatkan level permainan timnas,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Selain itu, Erick juga memuji negara tetangga yakni Vietnam yang diketahui berada di grup yang sama dengan Timnas Indonesia.

“Vietnam seperti kita tahu adalah rival kita di ASEAN yang performanya di Asia sangat baik. Semua lawan yang tangguh tapi tim kita pun punya kualitas untuk membuat kejutan,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid