Timnas Indonesia

Sudah Diperkuat Marselino dan Arhan, Hari Ini Skuad Garuda Terbang ke Kamboja



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda Indonesia beserta rombongan sudah berangkat ke Kamboja pada hari ini Selasa 25 April 2023.

Sebagaimana diketahui, 20 pemain telah dipilih Indra Sjafri untuk mengikuti even SEA Games 2023. Ke-20 nama tersebut merupakan pemain terbaik yang bisa dibawa olehnya. Sebelumnya, sejak 1 Maret lalu, Indra sudah menyeleksi mereka dengan TC yang dibagi menjadi tiga gelombang.

Gelombang pertama dan kedua dilakukan pada bulan Maret sedangkan gelombang ketiga digelar pada 1 April kemarin. Tak hanya pemusatan latihan saja, mereka juga mengikuti beberapa laga uji coba. Setidaknya, ada tiga laga uji coba melawan tim di luar skuad Garuda sendiri. Uji coba tersebut adalah melawan tim asal Liga 1 Bhayangkara FC serta melawan Timnas Lebanon U-22 sebanyak dua kali.

Dari tiga uji coba tersebut, skuad Garuda meraih satu kali kemenangan, satu imbang, serta satu kali menelan kekalahan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dan dari serangkaian uji coba tersebut, terpilihlah 18 pemain terbaik. Sedangkan 2 pemain lainnya berasal dari luar negeri yang di mana keduanya tidak mengikuti TC dan uji coba untuk masuk ke skuad SEA Games 2023. 2 pemain yang dimaksud adalah Marselino Ferdinan (KMSK Deinze) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy).

Beruntungnya, kedua pemain tersebut sudah bergabung dengan satu hari sebelum keberangkatan menuju Kamboja. Hari ini, mereka sudah berangkat ke negara yang akan dijadikan tuan rumah untuk even tersebut.

Mengenai Arhan dan Marselino yang langsung masuk ke skuad SEA Games 2023, Indra Sjafri angkat suara. Kata Indra, kualitas pemain Tokyo Verdy itu tak menurun meskipun baru bergabung dengan skuad Timnas Indonesia. Dari hasil tes yang diikuti olehnya, hasilnya cukup baik dan ia dinyatakan fit untuk tampil di even tersebut.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Kualitas latihan dia [Arhan] saya pikir bagus. Saya lihat begitu dia bergabung, hasil tes semua juga cukup oke. Dia juga siap untuk bermain di SEA Games,” kata Indra Sjafri.

Mengenai Marselino, Indra mengungkit prestasi yang baru saja dicatatkan oleh mantan pemain Persebaya Surabaya itu. Sebab kemarin, Marselino akhirnya mencetak gol perdananya di even resmi (Challenger Pro League) bersama KMSK Deinze. Gol tersebut ia kemas ketika KMSK Deinze menjamu Royal Excelsior Virton.

“Alhamdulillah. Itu yang kita inginkan, semua pemain timnas yang bermain di klub makin lama makin bagus. Apalagi cetak gol, pasti makin percaya diri,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Adapun di even SEA Games nanti, skuad Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Timnas Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Sedangkan Malaysia, Vietnam, Singapura Thailand, dan Laos berada di grup B.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid