Timnas Indonesia

2 Pemain Abroad Terancam Absen di Piala AFF 2022, Siapa Saja?



2 Pemain Abroad Terancam Absen di Piala AFF 2022, Siapa Saja?
Pemain abroad, Sandy Walsh merayakan gol bersama skuad KV Mechelen di Liga Pro Belgia

NOBARTV NEWS 2022 akan berlangsung tidak kurang dari empat bulan lagi. menargetkan juara untuk event dua tahunan ini. Di edisi sebelumnya yakni Piala AFF 2020, skuad Shin Tae-yong hanya menempati posisi runner-up. Sehingga pada tahun ini, juara merupakan target utama. Namun sayang, Indonesia diperkirakan tidak akan turun dengan skuad terbaiknya di event akhir tahun nanti. Penyebabnya adalah dua di antara pemain abroad diprediksi tidak akan turun membela Garuda Indonesia.

Di event serupa pada tahun 2020 lalu, Indonesia diperkuat oleh beberapa pemain abroad seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, hingga Witan Sulaeman. Bek jangkung Elkan Baggott juga sempat bermain meski bergabung di tengah kompetisi. Bek yang saat ini membela Gillingham FC itu bergabung di tengah kompetisi karena klubnya saat itu, Ipswich Town U-23 tengah membutuhkan jasanya.

Begitupun dengan edisi kali ini, Baggott dan satu pemain lainnya diprediksi tidak akan turun dalam ajang dua tahunan itu. Pemain lain yang dimaksud adalah Sandy Walsh. Alasan utama kedua pemain tersebut tidak bisa bergabung adalah kompetisi liga di klubnya masing-masing masih berjalan hingga dimulainya Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, saat ini, terdapat sembilan pemain abroad yang bermain di luar negeri. Jumlah tersebut termasuk tiga pemain naturalisasi yang saat ini tengah diproses untuk menjadi WNI. Mengingat Piala AFF 2022 akan dihelat tiga bulan lagi, maka dipastikan ketiga pemain tersebut sudah resmi menjadi WNI dan menyandang status sebagai pemain Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Lalu siapa saja pemain tersebut, dan sampai mana kompetisi domestik yang diikutinya? Berikut daftar pemain dan nama kompetisi yang diikuti oleh klubnya.

1. Asnawi Mangkualam Bahar (K League 2)

Saat ini, K League 2 akan memasuki pekan ke-38 dari total 44 pekan yang berlangsung selama satu musim. Pekan ke-44 tersebut akan berakhir pada 15 Oktober 2022 di saat Ansan Greeners menjamu Daejon Hana Citizen.

Mengingat Piala AFF 2022 akan dihelat pada 23 Desember 2022, maka Asnawi dipastikan bisa bergabung sejak awal pemusatan latihan hingga berakhirnya laga Piala AFF 2022.

2. Pratama Arhan (J2 League)

Kompetisi kasta kedua atau J2 League akan selesai pada 23 Oktober 2022. Mengingat Arhan jarang mendapatkan kesempatan tampil di tim utama, maka eks pemain PSIS Semarang itu bakal mudah mendapatkan izin untuk pulang lebih awal guna membela Garuda Indonesia di Piala AFF 2022.

3. Egy Maulana Vikri & Witan Sulaeman (Fortuna Liga Slovakia)

Secara kebetulan, Piala AFF 2022 ada di tengah-tengah berlangsungnya kompetisi Fortuna . Artinya, kasta tertinggi Liga Slovakia itu akan mengalami jeda usai pekan ke-18 pada bulan November.

Pekan ke-19 akan berlanjut pada tahun depan tepatnya 11 Pebruari 2023. Dengan demikian, duo sayap Indonesia yang tengah berkarir di sana yakni Egy dan Witan dipastikan pulang untuk membela skuad Garuda Indonesia.

4. Saddil Ramdani & Jordi Amat (Liga Super Malaysia)

Sama seperti kompetisi K League 2, juga akan berakhir pada tanggal 15 Oktober 2022. Di tanggal tersebut, semua tim kasta tertinggi Liga Malaysia sudah menyelesaikan laga ke-22 nya di kompetisi domestik.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dengan demikian, pemain naturalisasi Jordi Amat dan Saddil Ramdani wajib pulang dan membela Timnas Indonesia.

5. Shayne Pattynama (Liga Norwegia)

Matchday terakhir akan berlangsung pada 14 November 2022. Pemain naturalisasi Shayne Pattynama akan mengakhiri musim di Liga Norwegia dengan membela Viking FK dalam matchday terakhir atau ke-30 melawan Odd.

Shayne pun disebut bakal tampil untuk Indonesia karena saat itu proses naturalisasi dipastikan sudah rampung.

6. Sandy Walsh (Liga Pro Belgia)

Liga Pro Belgia baru memasuki pekan ke-8 dari total 34 pekan. Sandy yang saat ini membela KV Mechelen di Liga Pro Belgia disebut bakal kesulitan mendapatkan izin untuk membela Timnas Indonesia karena di saat perhelatan Piala AFF 2022, masih menjalankan pekan ke-18nya. Bahkan di tanggal 23 Desember tersebut, tim Sandy Walsh, KV Mechelen bakal menjamu Cercle Brugge di Stadion Achter de Kazerne. Dengan demikian, Sandy diprediksi tidak akan bisa membela Timnas Indonesia.

7. Elkan Baggott (League Two)

Sama seperti Sandy, Baggott juga tidak akan mendapatkan izin mudah untuk membela Timnas Indonesia. Hal ini disebabkan event tersebut bukanlah agenda resmi FIFA.

Terlebih sang pemain merupakan salah satu pemain inti yang tak tergantikan sejak awal musim di skuad Gillingham FC. Neil Harris selalu memercayakan Baggott di posisi bek tengah The Gills.

Pekan ke-22 dan 23 League Two berbenturan dengan matchday pertama Piala AFF 2022. Baggott tentu akan lebih memilih membela timnya daripada pulang ke Indonesia. Bahkan sang pelatih akan sulit untuk memberikan izin kepada pemain andalannya tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments