Timnas Indonesia

Berikut 5 Pelatih yang Berpeluang Geser Posisi STY di Timnas Indonesia



Berikut 5 Pelatih yang Berpeluang Geser Posisi STY di Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Karena dianggap keteteran dengan tugas yang begitu banyak, PSSI lewat ketua umumnya, Mochamad Iriawan mengungkapkan akan menghentikan Shin Tae-Yong dari posisinya saat ini. Namun, maksud Iriawan bukanlah memecat Shin Tae-Yong sepenuhnya. Iriawan hanya ingin Shin Tae-Yong fokus untuk U-19 saja.

“Menurut saya, sekarang dia keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut. Jadi kami akan merekomendasikan Shin hanya memegang timnas untuk ,” terang Mochamad Iriawan.

Menurut Iriawan, Shin Tae-Yong sangat kewalahan menangani tiga kelompok umur sekaligus. Shin Tae-Yong memang meminta sendiri untuk menangani Timnas U-19 hingga jenjang senior. Namun pada kenyataannya hingga saat ini pelatih asal Korea Selatan itu kewalahan menangani semuanya.

Hal itu terbukti saat ini juga. Ketika Timnas Indonesia menjalani , Shin Tae-Yong tidak bisa menemani skuad Timnas Indonesia U-19 di turnamen lainnya yakni Piala Toulon 2022. Shin Tae-Yong pun mengutus salah satu asistennya untuk menangani skuad muda Indonesia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Berangkat dari pengalaman tersebut, PSSI memiliki rencana untuk segera menggantinya. Namun hal itu belum diputuskan sebelum Shin Tae-Yong kembali dari Kuwait.

Beberapa kandidat muncul ke permukaan. Setidaknya, ada lima pelatih yang disebut layak menggantikan posisi Shin Tae-Yong saat ini. Siapa saja mereka?

1. Indra Sjafri

Nama Indra Sjafri tidak asing lagi di persepakbolaan Indonesia. Saat ini, Indra menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI. Indra pernah membesut Timnas Indonesia kelompok umur – dari Timnas U-16 hingga U-23.

Bakat Evan Dimas Darmono pertama kali ditemukan oleh pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, 59 tahun silam ini.

2. Fachri Husain

Sama seperti Indra, Coach Fachri lebih banyak menghabiskan masa kepelatihannya dengan menangani skuad muda Indonesia. Karir kepelatihan Fachri di Timnas Indonesia terhenti di jenjang U-19. Fachri tidak pernah sama sekali melatih Timnas Indonesia U-23 maupun senior.

3. Park Hang-Seo

Saat ini, Park Hang-Seo merupakan pelatih Timnas Vietnam. Park sempat membawa Timnas Vietnam U-23 meraih medali emas di SEA Games 2021 kemarin. Kontrak Park di Timnas Vietnam terhenti sampai pagelaran 2022 berakhir.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Kesempatan emas ini bisa dimanfaatkan PSSI untuk mendatangkan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

4. Jeon Kyung-jun

Jika PSSI masih ingin mendatangkan pelatih serupa Shin Tae-Yong, nama Jeon Kyung Jun layak untuk dicoba. Jeon juga pernah menangani Timnas Korea Selatan sama seperti Shin Tae-Yong. Hanya saja, Jeon lebih banyak menghabiskan masa baktinya di Timnas Korea Selatan sebagai asisten pelatih saja.

5. Kim Hak-bum 

Kim Hak-bum sama-sama pernah melatih Timnas senior Korea Selatan seperti Shin Tae-Yong. Namun Coach Kim baru saja dilepas oleh KFA (Federasi Sepak Bola Korea Selatan) pada 2021 silam.

Menganggur hingga saat ini, PSSI berpeluang besar jika ingin mendatangkan mantan pelatih yang pernah membawa Seongnam Ilhwa meraih Piala Korea Selatan pada tahun 2013-2014 itu.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid