Timnas Indonesia

STY Jelaskan Rencana Lanjutan Usai Gagal di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS 2022 sudah selesai. Juara bertahan Thailand kembali menjuarai turnamen sepak bola dua tahunan itu. Sementara itu, sudah dipastikan gugur dalam babak semifinal kemarin. STY sudah memiliki rencana selanjutnya usai gagal di turnamen tersebut.

Saat ini, Shin sudah berada di Korea Selatan. Ia mudik untuk pertama kalinya setelah kurang lebih satu bulan membersamai skuad Garuda, dimulai dari pemusatan latihan, pertandingan, hingga berakhirnya turnamen Piala AFF 2022. Namun sebelum memutuskan untuk pulang ke tanah airnya, Shin mengungkapkan beberapa hal penting kepada media Korea Selatan Naver. Kepada media tersebut, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mengungkapkan rencana selanjutnya bersama Timnas Indonesia usai gagal di Piala AFF 2022.

Selain itu, ia juga telah bertemu dengan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri guna membahas eveluasi skuad Garuda terkait hasil buruk di Piala AFF kemarin. Indra Sjafri pun dikabarkan akan segera memberitahukan hasil pertemuannya itu kepada Exco dan juga Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Adapun terkait rencana Shin bersama Timnas Indonesia itu, sang pelatih mengatakan bahwa ia masih memiliki rencana lain dengan Timnas Indonesia. Hal ini menjadi jawaban atas beberapa tuntutan banyak orang terkait nasib Shin Tae-yong. Kemarin, tagar #styout menggema di berbagai media sosial. Mereka menuntut Shin untuk angkat kaki karena sudah dua kali gagal membawa Timnas Indonesia sebagai juara di Piala AFF.

Namun dengan tegas, kepada media Korea Selatan itu, Shin mengatakan ia masih memiliki agenda lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa ia masih tetap membersamai skuad Garuda hingga akhir masa kontraknya – kecuali nanti jika PSSI memutus kontraknya di tengah jalan.

“Indonesia dan saya takkan berpisah. Indonesia merupakan negara luar biasa. Saya tidak pernah mendengar nama pelatih diteriakkan dalam pertandingan sepakbola. Fans Timnas Indonesia selalu meneriakkan nama saya, baik saat saya masuk maupun keluar stadion,” kata Shin Tae-yong dilansir dari media Korea Naver.

Kata Shin, sekembalinya dari Korea nanti, ia memiliki rencana baru yaitu mengumpulkan skuad Garuda muda jelang tampil di 2023. Diketahui, turnamen bergengsi tersebut akan dihelat di Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dengan demikian, skuad Garuda muda tidak perlu bersusah payah untuk lolos ke putaran final. Namun mereka harus tetap mempersiapkan diri jika ingin bersaing serius di turnamen nanti.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Setelah liburan singkat, per 1 Februari 2023 kami akan mulai mempersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Indonesia berstatus tuan rumah,” ujarnya menambahkan.

“Ini merupakan turnamen di mana Marselino Ferdinan (lahir 2004) yang mengenakan nomor punggung 6 di Piala AFF 2022, akan berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023. Saya akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi harapan tersebut (tampil keren di Piala Dunia U-20 2023),” tutupnya.

Untuk diketahui, di Piala AFF 2022 kemarin, Marselino Ferdinan keluar sebagai pemain muda terbaik sepanjang turnamen. Ini merupakan kali kedua secara berturut-turut pemain muda asal Indonesia meraih penghargaan tersebut. Sebelumnya, di Piala AFF 2020, bek sayap Tokyo Verdy Pratama Arhan keluar sebagai peraih penghargaan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments