Timnas Indonesia

Erick Thohir Janjikan Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Rampung Bulan Maret 2024



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir kembali angkat suara soal progres naturalisasi duo calon pemain Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Erick menyebut proses naturalisasi keduanya sudah rampung pada Maret mendatang.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, PSSI resmi merampungkan proses naturalisasi untuk pemain muda Venezia FC Jay Idzes. Jay Idzes merupakan pemain keturunan kesekian yang dinaturalisasi oleh PSSI. Sebelumnya, sudah ada nama Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick. Dan tak lama setelah Rafael Struick itu, Jay Idzes pun melakukan hal yang sama.

Bedanya, Jay Idzes yang beberapa waktu lalu menyandang status sebagai WNI belum mencatatkan debutnya dengan Timnas Indonesia. Sementara Rafael Struick dan beberapa pemain yang disebutkan tadi sudah. Dan menariknya, Jay Idzes belum selesai dinaturalisasi, PSSI kembali melakukan hal yang sama kepada dua pemain lainnya Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Saat ini, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sama-sama berkompetisi di divisi utama atau Eredivisie. Thom Haye bermain untuk SC Heerenveen sedangkan Ragnar Oratmangoen membela Fortuna Sittard. Dalam beberapa pertandingan terakhir, Thom Haye menjadi pemain utama Heerenveen sedangkan Ragnar Oratmangoen tidak.

Dan di waktu dekat ini, dua pemain yang sempat berduel pada 4 Februari itu akan segera berseragam Timnas Indonesia. Ya, proses naturalisasi keduanya diharapkan sudah selesai pada Maret mendatang. Sebab diketahui, pada bulan Maret 2024, Timnas Indonesia akan tampil di dua pertandingan 2026 zona Asia ronde kedua grup F melawan Timnas Vietnam.

Erick Thohir sendiri dalam keterangannya baru-baru ini menyebut proses naturalisasi keduanya dipastikan rampung pada bulan tersebut. Dengan demikian, keduanya kemungkinan sudah debut bersama Timnas Indonesia.

Erick Thohir Janjikan Proses Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Rampung Bulan Maret 2024
Salah satu calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Thom Haye (sumber: IG @thomhaye)
Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Yang pasti kami bersama dengan pak Sekjen (Yunus Nusi) dan pak Arya (Exco PSSI) akan mengurus proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pada pertengahan Maret ini,” kata Erick Thohir di sesi konferensi pers Selasa (20/02) kemarin.

“Sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam. Itu dulu (pemain) yang dinaturalisasi,” ucapnya menambahkan.

Musim ini, Thom Haye sudah tampil dalam 22 pertandingan bersama SC Heerenveen. Dalam 22 laga tersebut, pesepakbola 29 tahun itu sudah mengemas 2 gol dan 2 assist. Menariknya, sama dengan Thom Haye, Ragnar Oratmangoen juga telah memainkan 22 pertandingan di semua ajang. 17 dari 22 laga tersebut dimainkannya dalam ajang Eredivisie, 4 dalam ajang KNVB Beker, dan 1 pertandingan lainnya di Keuken Kampioen Divisie.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *