Timnas Indonesia

FIFA Masukkan Striker Indonesia sebagai 5 Calon Superstar Asia di Piala Dunia U-17, Siapa Dia?



NOBARTV NEWS – FIFA memasukkan nama striker muda U-17 sebagai salah satu pemain asal Asia yang kiprahnya patut dinantikan di 2023.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan even Piala Dunia U-17 2023 semakin dekat dari hari ke hari. Terhitung, sejak hari ini (16/10) sampai hari pelaksanaannya (10/11), ajang sepakbola akbar untuk kelompok umur itu akan digelar tepat 22 hari lagi.

Oleh karena itu, sebagai persiapannya jelang bertanding sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-17 yang saat ini berada di Jerman semakin gencar melakukan pemusatan latihan dan uji coba. Tercatat, anak asuh Bima Sakti itu sudah melakoni lima laga uji coba. Di mana, dua uji coba tersebut berakhir dengan kemenangan sedangkan sisanya (tiga laga) mereka selalu menelan kelalahan.

Selain melakukan pemusatan latihan serta uji coba tersebut, sebagai ikhtiar demi meningkatkan kualitas timnya, asupan nutrisi yang diberikan selama berada di Eropa juga betul-betul dijaga ketat. Makanan yang dikonsumsi oleh para punggawa Timnas Indonesia U-17 tidak boleh sembarangan. Hal ini bertujuan agar fisik mereka bisa bersaing di pagelaran akbar tersebut.

Sebab diketahui, di Piala Dunia U-17 2023 ini, Indonesia akan menjadi salah satu dari 24 tim yang turut berpartisipasi. Setiap tim yang mewakili konfederasinya tentu melakukan persiapan yang sangat matang begitupun dengan Indonesia. Dan dari 24 tim tersebut, sebanyak lima tim berasal dari Asia.

Rinciannya adalah Indonesia sebagai tuan rumah, serta empat peserta merupakan tim yang melaju melalui tahap seleksi lewat babak kualifikasi. Dengan demikian, selain Timnas Indonesia U-17, empat tim yang mewakili AFC di ajang ini adalah Timnas Korea Selatan U-17, Timnas Uzbekistan U-17, Timnas Jepang U-17, dan Timnas Iran U-17.

Dan beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya membuat sebuah artikel mengenai lima pemain asal Asia yang disebutnya sebagai calon superstar. Menariknya, salah satu pemain yang disebut FIFA adalah Arkhan Kaka. Diketahui, Kaka merupakan salah satu punggawa Timnas Indonesia U-17 dengan posisi striker.

Untuk posisi pertama, FIFA menyebut pesepakbola asal Jepang Ryunosuke Sato sebagai salah satu pemain yang patut untuk dinantikan kiprahnya. Saat ini, gelandang serang muda Samurai Biru itu bermain untuk FC Tokyo.

“Sato punya kemampuan teknis yang mengesankan dan kecerdasan yang luar biasa untuk usia yang masih sangat muda. Ancaman dalam serangan, etos kerja sang gelandang yang tak kenal lelah juga membantunya berkontribusi dalam bertahan,” tulis FIFA.

Di posisi kedua, FIFA menaruh perhatiannya kepada sosok pesepakbola muda dari klub Daejeon Hana Citizen U-18 Yun Do-young. Dengan skill menggiring bola yang terampil, Yun Do-young mengingatkan kita pada sosok legenda Timnas Belanda Arjen Robben.

“Seorang penggiring bola yang terampil, ia juga memiliki kemampuan untuk menyumbangkan gol-gol penting dengan kaki kirinya yang terlatih, serupa dengan legenda Belanda Arjen Robben,” lanjutnya.

FIFA Masukkan Striker Indonesia sebagai 5 Calon Superstar Asia di Piala Dunia U-17, Siapa Dia?
Selebrasi Arkhan Kaka usai mencetak gol ke gawang lawan

Sementara itu, Arkhan Kaka disebut FIFA sebagai seorang striker dengan naluri cerdas dan terampil dalam penyelesaian akhir. Tak lupa, FIFA juga mencantumkan statistik Kaka ketika bermain di Kualifikasi Piala Asia U-17 tahun lalu.

“Seorang striker yang punya naluri dan cerdas dengan kemampuan penyelesaian akhir yang luar biasa, Kaka mencetak tujuh gol pada ajang U-17.”

Gelandang tengah Iran bernama Amirmohammad Razaghnia tak luput dari perhatian FIFA. Razaghnia disebutnya sebagai gelandang tengah yang cerdas dan tenang.

“Seorang gelandang tengah yang cerdas dan tenang, Razaghnia memiliki jangkauan umpan yang bervariasi dan membantu timnya mendikte tempo permainan. Kemampuannya membaca permainan luar biasa,” tulis FIFA lagi.

Adapun di posisi terakhir, terdapat nama Lazizbek Mirzaev. Lazizbek Mirzaev adalah pemain muda Uzbekistan yang sejak usia muda sudah bermain untuk tim utama Lokomotiv Tashkent.

“Seorang yang punya kemampuan teknik hebat dengan stamina luar biasa, ia terkenal karena kemampuannya dalam menciptakan peluang mencetak gol untuk rekan satu timnya dengan umpan-umpan presisi,” puji FIFA pada sang pemain.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid