Timnas Indonesia

Pelatih Gillingham Sebut Elkan Baggott Lebih Pilih Bela Klub daripada Main di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Elkan Baggott menjadi satu-satunya pemain abroad yang sama sekali belum mengikuti pemusatan latihan jelang 2022. Berdasarkan kabar terbaru yang dihimpun dari klubnya Gillingham FC, sang pelatih mengatakan bahwa Baggott tidak akan membela di ajang sepak bola dua tahunan tersebut.

Untuk diketahui sebelumnya, beberapa waktu lalu, Shin ditemani salah satu asistennya terbang ke Inggris guna melakukan lobi dengan klub Elkan Baggott Gillingham FC. STY amat berharap dengan lobi yang dilakukannya itu membuat pihak klub berkenan untuk melepas pemainnya ke Timnas Indonesia. Lobi tersebut dilakukan karena Indonesia akan mentas di Piala AFF 2022 yang notabenenya bukan termasuk pertandingan yang tercatat dalam kalender resmi FIFA. Andaikata Piala AFF masuk dalam ajang resmi FIFA, sudah dipastikan Shin tidak akan merepotkan dirinya dengan terbang ke sana.

Beberapa saat setelah pertemuan itu – bahkan hingga satu minggu sejak pemusatan latihan dilakukan, kabar kedatangan Elkan Baggott (ke Timnas Indonesia) belum bisa dipastikan kapan. Beberapa rumor mengatakan kalau Elkan akan pulang ke Indonesia jika skuad Garuda lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 yang akan dilakukan tahun depan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun peluang itu semakin kecil setelah Elkan dkk lolos ke putaran ketiga 2022-2023 dan akan berhadapan dengan tim kuat Leicester City. Laga antara Gillingham FC vs Leicester City akan dilangsungkan di tahun depan – bertepatan dengan babak semi-final dan final Piala AFF 2022.

Selain itu, masih banyak agenda padat lainnya yang juga harus dilakoni oleh bek kesayangan Shin Tae-yong itu. Hal ini membuat Elkan Baggott dilema. Di samping ingin membela tim nasional, Baggott juga ingin mengangkat Gillingham FC yang saat ini terjerembab di dasar klasemen League Two.

Hingga pada akhirnya, pelatih Gillingham Neil Harris pun angkat bicara. Katanya, Baggott dipastikan bertahan bersama klubnya. Dengan demikian, Baggott tidak akan pulang ke Indonesia di Piala AFF 2022 ini. Meski nantinya skuad STY lolos ke semifinal maupun final.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Saya akan selalu mendukung pemain saya atas apa yang ingin mereka lakukan, terutama ketika ada kesempatan untuk tampil di depan banyak orang. Elkan memutuskan untuk tetap bertahan, dia mendapat dukungan yang baik dari Ipswich Town dan kami,” kata Neil Harris dilansir dari Kent Online.

Lebih lanjut, Neil mengatakan bahwa hal itu (bertahan di klub) merupakan keputusan Baggott sendiri.

“Jika Elkan ingin pergi [ke Indonesia], Gillingham dan rekan-rekan di Ipswich akan mendukungnya dan memahami itu. Tapi Elkan sudah membuat keputusannya sendiri dan bisa dipanggil ke tim nasional adalah sebuah kehormatan,” ujarnya menambahkan.

“Keputusan ini mungkin adalah yang terbaik untuknya dengan bermain di level ini sebanyak mungkin,” tutup Harris.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments