Timnas Indonesia

Sandy Walsh dan Jordi Amat ‘Gagal’ Bela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023



Sandy Walsh dan Jordi Amat 'Gagal' Bela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023
Jordi Amat dan Sandy Walsh

NOBARTV NEWS – Kabar buruk menimpa skuad jelang melakoni . Segrup dengan Timnas Yordania, Kuwait, dan Nepal, skuad Garuda Indonesia tidak bisa diperkuat oleh tiga pemain naturalisasinya. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Proses pengalihan kewarganegaraan yang lambat dan menggunakan banyak prosedur membuat proses naturalisasi ini menjadi tersendat. Setidaknya, lebih dari tiga lembaga harus dilewati sebelum mereka resmi dinyatakan sebagai warga negara Indonesia. Dari PSSI ke Menpora, kemudian dari Menpora ke Kemenkumham, setelah itu ke Sekertariat Negara. Belum lagi ditambah ke lembaga seperti Dewan Perwakilan Rakyat hingga ke pihak keresidenan.

Alur yang sangat banyak membuat proses birokrasi ini menjadi terhambat. Maka, dengan demikian, ke-tiga pemain itu gagal membela Timnas Indonesia di ajang yang diharap-harapkan yakni Kualifikasi Piala Asia. Dengan demikian, Timnas Indonesia hanya mengandalkan 2 pemain naturalisasi, beberapa pemain abroadnya, dan mayoritas diisi oleh pemain lokal.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Absennya tiga pemain naturalisasi tersebut dikonfirmasi oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

“Kalau urusan administrasi dari negara selesai, mereka masih harus mengubah asosiasi sepakbola mereka. Masing-masing dari Asosiasi Sepak Bola Spanyol dan Belanda. Itu syarat dari FIFA,” terangnya.

“Jadi memang tidak memungkinkan karena kami masih menunggu. Keputusan terakhir untuk menjadi WNI kan ada di DPR. Namun, kami tetap berharap semua bisa rampung secepatnya,” tambahnya lagi.

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani meminta suporter Timnas Indonesia untuk ikhlas menerima kenyataan tersebut. Namun ia tetap berharap Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia tahun depan – dan di saat itu tiba, tentunya seluruh proses naturalisasi sudah rampung semua.

“Ya sudahlah kalau memang mereka tidak bisa berlaga di kualifikasi Piala Asia. Mudah-mudahan Indonesia bisa lolos dan mereka bisa bermain di Piala Asia tahun 2023,” ucap Hasani.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dengan demikian, untuk mengarungi Kualifikasi Piala Asia 2023, skuad Timnas Indonesia bisa dipastikan akan diisi oleh 2 pemain naturalisasi saja dan beberapa pemain abroad yang telah disebutkan di awal tadi. Mereka adalah Elkan Baggott (Ipswich Town – naturalisasi) dan Marc Anthony Klok (Persib Bandung – naturalisasi). Serta pemain abroad seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, dan Asnawi Mangkualam Bahar.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid