Timnas Indonesia

Titan Agung Gantikan Fajar Fathurrahman yang Dicoret dari TC Timnas U-23, Kenapa?



NOBARTV NEWS – Striker Bhayangkara FC Titan Agung dipanggil ke pemusatan latihan U-23. Ia diminta untuk mengisi satu tempat yang ditinggalkan Fajar Fathurrahman.

Seperti yang diketahui, pada Selasa malam (8/8) kemarin, Shin Tae-yong lewat PSSI telah mengumumkan daftar 23 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan pada Kamis (10/8) ini. Pemusatan latihan tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri jelang tampil di even U-23 2023.

Awalnya, PSSI memanggil 26 pemain dengan dua di antaranya merupakan punggawa abroad. Kedua pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner (Jong FC Utrecht U-21) dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Akan tetapi, dalam rilis terbarunya, nama kedua pemain abroad plus naturalisasi tersebut menghilang dari daftar. Bukan hanya keduanya, PSSI juga mengurangi jumlah pemain yang dipanggil. Awalnya 26 dan kini berjumlah 23 nama saja. Tak hanya Ivar dan Rafael, punggawa Persija Jakarta Witan Sulaeman juga tersingkir dari daftar terbaru.

Khusus untuk kedua pemain abroad tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menyebut PSSI tak diberi izin untuk membawa keduanya (oleh klub) ke agenda Timnas Indonesia U-23 tersebut. Hal ini tak lepas dari Piala AFF yang sampai saat ini belum masuk dalam kalender resmi FIFA. Akibatnya, setiap klub berhak untuk menahan pemainnya meskipun tim nasionalnya memanggil.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Memang dari klub tidak wajib untuk melepas pemain karena ini Piala AFF,” kata STY di tengah-tengah kegiatan memimpin TC Timnas Indonesia U-23 Kamis (10/9) kemarin.

“Dan apalagi di Liga 1 ada yang tidak dilepas,” ucapnya menambahkan.

Menariknya, dari 23 pemain final yang sudah dipanggil, ternyata PSSI atas kesepakatan Shin Tae-yong mencoret satu pemain lagi. Pemain yang dimaksud adalah Fajar Fathurrahman. Fullback milik Borneo FC itu dicoret dari TC Timnas Indonesia U-23 meskipun sang pemain belum sempat bergabung. Hal itu dikarenakan peraturan baru yang di mana Timnas Indonesia hanya boleh memanggil maksimal 2 pemain untuk setiap klub.

Sementara itu, tiga pemain Borneo FC diminta untuk beberapa waktu lalu. Tiga pemain tersebut adalah Fajar Fathurrahman, Komang Teguh, dan Daffa Fasya. Kini, satu pemain pun harus dicoret dan digantikan oleh striker muda Bhayangkara FC Presisi Titan Agung.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Pelatih Shin Tae-yong memanggil Titan Agung Bagus (Bhayangkara Presisi FC) untuk menggantikan Muhammad Fajar Fathur Rahman (Borneo FC),” tulis PSSI di laman resminya.

Berikut Daftar 23 Pemain Final yang Dipersiapkan Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023:

  1. Amiruddin Bagas, Barito Putera

  2. Muhammad Adisatryo, PSIS

  3. Arkhan Fikri, Arema FC

  4. Kadek Arel, Bali United

  5. Muhammad Ragil, Bhayangkara Presisi FC

  6. Komang Teguh, Borneo FC

  7. Jeam Kelly, Persik

  8. Titan Agung, Bhayangkara Presisi FC

  9. Daffa Fasya, Borneo FC

  10. Salim Akbar, Madura United

  11. Ernando Ari, Persebaya

  12. Beckham Putra, Persib

  13. Robi Darwis, Persib

  14. Frengky Missa, Persikabo

  15. Muhammad Ferarri, Persija

  16. Rizky Ridho, Persija

  17. Rifky Dwi, Persita

  18. Muhammad Dzaky, PSM

  19. Irfan Jauhari, Persis

  20. Muhammad Ramadhan, Persis

  21. Abdul Rahman, Rans Nusantara

  22. Esal Sahrul, Persita

  23. Alfeandra Dewangga, PSIS

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment