Timnas Indonesia

Eks Pemain Timnas Indonesia Jadi Tim Ofisial Kanada di Piala Dunia U-17 2023, Kok Bisa?



NOBARTV NEWS – Mantan pemain Raphael Maitimo terpantau berada di sesi latihan Timnas Kanada U-17 jelang 2023. Hal yang menjadi pertanyaan adalah mengapa ia berada di sana? Benarkah eks pesepakbola itu kini menjabat sebagai ofisial tim Kanada?

Seperti yang diketahui, sejak beberapa hari yang lalu, berbagai rombongan kontestan Piala Dunia U-17 2023 telah datang ke Indonesia. Sebut saja seperti Timnas Selandia Baru U-17, Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, hingga Timnas Inggris U-17.

Kedatangan lebih awal para kontestan tersebut adalah untuk beradaptasi dengan lingkungan Indonesia. Ya, di Piala Dunia U-17 2023 ini, Indonesia bakal bertindak sebagai tuan rumah. Diketahui, pada drawing Piala Dunia U-17 2023 kemarin, anak asuh Bima Sakti itu tergabung dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17. Rencananya, even ini sendiri akan digelar pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang.

Menariknya, selain datang lebih awal untuk beradaptasi, beberapa kontestan juga terpantau telah melakukan laga uji coba. Seperti Timnas Meksiko dan Uzbekistan misalnya. Dua kontestan Piala Dunia U-17 2023 itu telah melangsungkan laga uji coba di tengah-tengah persiapannya jelang tampil di even tersebut.

Sementara Indonesia, tuan rumah beberapa waktu lalu juga telah melakukan laga uji coba melawan Torpedo U-17. Uji coba tersebut dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Skuad Garuda berhasil menggulung sang lawan dengan skor telak 4-0. Adapun kini, skuad Garuda telah terbang ke Surabaya karena di sana (Stadion Gelora Bung Tomo), akan digelar seluruh pertandingan grup A Piala Dunia U-17 2023.

Eks Pemain Timnas Indonesia Jadi Tim Ofisial Kanada di Piala Dunia U-17 2023, Kok Bisa?
Raphael Maitimo di tengah-tengah latihan Timnas Kanada U-17

Menariknya, dari sekian banyaknya tim-tim yang sudah datang itu, ada satu momen unik ketika salah satu kontestan yakni Timnas Kanada U-17 melakukan latihan. Di tengah-tengah mereka, ada mantan pemain Timnas Indonesia Raphael Maitimo.

Setelah ditelusuri, Maitimo ternyata menjabat sebagai staf ofisial Timnas Kanada U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Tidak sekadar menemani mereka selama latihan, namun Maitimo juga akan mendampingi skuad Kanada U-17 selama bertanding.

“Saya sekarang menjadi Team Manager and Coordinator Timnas Kanada U-17 di Piala Dunia U-17. Bukan hanya saat latihan saja, tetapi saat bermain di fase grup di Solo dan Surabaya,” terang Raphael Maitimo.

“Kebetulan saya sudah paham Indonesia dan di Bali. Disini saya bantu-bantu mereka,” terangnya. “Saya senang bisa bekerjasama dengan Kanada dan bantu anak-anak muda dari Kanada. Mudah-mudahan perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia bisa berjalan lancar,” tambah eks pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung itu.

“Kondisi fisik saya masih sangat fit. Saya bisa bantu-bantu sesi dalam sesi latihan seperti tadi jika pelatih membutuhkan saya dalam sesi latihan taktikal,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid