Timnas Indonesia

Sukses Tekuk Vietnam 1-0, Rangking FIFA Indonesia Melesat ke Posisi 142

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kemenangan Indonesia atas Vietnam membuat skuad Garuda mendapat tambahan poin yang cukup banyak di rangking FIFA. Kini, posisi skuad Garuda berada di peringkat 142 dunia.

Seperti yang diketahui, Piala Asia 2023 sudah berjalan selama beberapa hari ke belakang ini. Dari 24 kontestan yang tampil alias ikut serta, menjadi tim dengan peringkat terendah kedua. Skuad Garuda hanya lebih baik daripada Hongkong berdasarkan peringkat FIFA. Sementara dari tim-tim lainnya, posisi Timnas Indonesia sangat jauh dengan para lawan-lawannya.

Sebagai contoh, di grup D Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia menjadi tim dengan peringkat paling rendah. Sebelum digelarnya Piala Asia 2023 ini, Indonesia tercatat berada di peringkat 146 dunia. Adapun tiga pesaingnya di grup D tersebut, semuanya berada di peringkat 100 besar. Sebut saja seperti Vietnam, Irak, hingga Jepang. Bahkan, Jepang berada di peringkat 20 besar. Peringkat tersebut menjadikan Jepang sebagai tim dengan peringkat paling baik di antara seluruh kontestan Piala Asia 2023 ini.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Meski demikian, ada keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia dengan peringkat yang buruk itu. Ketika melawan tim yang lebih kuat, maka skuad Garuda akan mendapat ganjaran poin (poin FIFA) yang cukup besar jika imbang apalagi jika mereka mampu mengalahkan sang lawan. Sementara jika menderita kelalahan, maka pengurangan poin Timnas Indonesia tidak terlalu banyak.

Di laga awal kontra Irak kemarin, anak asuh Shin Tae-yong itu menderita kekalahan dengan skor akhir 3-1. Kendati demikian, pengurangan poin yang didapatkan skuad Garuda tidak banyak. Diketahui, dari kelalahan tersebut, peringkat Timnas Indonesia di rangking FIFA merosot satu strip ke posisi 147 dunia.

Sukses Tekuk Vietnam 1-0, Rangking FIFA Indonesia Melesat ke Posisi 142
Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Piala Asia 2023

Dan secara mengejutkan, pada laga kedua yang digelar tadi malam, Timnas Indonesia berhasil membungkam Vietnam 1-0. Walaupun Marc Anthony Klok dkk menang dengan skor tipis seperti itu, namun perolehan poin yang didapatkan mereka sangat banyak. Hal itu dikarenakan seperti yang disebutkan tadi karena posisi kedua tim di rangking FIFA sangatlah jauh.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dilansir dari FootyRankings di akun X-nya, kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam membuat skuad Garuda mendapat tambahan 23,18 poin. Sementara skuad Vietnam, anak asuh Philippe Troussier itu juga mendapat pengurangan poin dengan jumlah yang sama (23,18). Kini, total poin yang didapatkan Indonesia menjadi 1076,78. Hasil ini pun membuat mereka melesat ke peringkat 142 dunia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid