Intermezzo

Resmi: FIFA Tunjuk Argentina Gantikan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Pada dini hari tadi (18/04), FIFA resmi mengumumkan bahwa Argentina telah ditunjuk untuk menggantikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah 2023.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, FIFA mencabut hak istimewa Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Padahal, penunjukan Indonesia sudah dipastikan sejak tahun 2019 lalu. Bahkan, persiapan yang dilakukan Indonesia – dalam hal ini PSSI dan Pemerintah RI sudah sangat matang.

Pemerintah RI sudah menyiapkan enam venue pertandingan untuk ajang tersebut. PSSI sudah menunjuk pelatih kelas wahid seperti Shin Tae-yong sejak tahun 2019 lalu. Bahkan, skuad Garuda muda sudah dipersiapkan sejak bertahun-tahun yang lalu. Namun sayangnya, FIFA dengan segala hak dan kewenangan yang dimilikinya tetap mencabut hak tersebut.

Alasan pencabutan Indonesia sendiri besar kemungkinannya karena banyaknya penolakan dari berbagai elemen masyarakat Indonesia – termasuk dua kepala daerah yaitu Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Penolakan yang digaungkan tersebut terkait dengan kehadiran salah satu kontestan yaitu Timnas Israel U-20. Atas dasar itu, FIFA pun mencabut hak tersebut. Dengan demikian, skuad Garuda muda yang sudah dipersiapkan untuk tampil pun akhirnya batal bertanding.

Hingga akhirnya, pada Selasa (18/04) dini hari tadi, FIFA lewat laman resminya sudah mengumumkan pengganti Indonesia untuk even tersebut. Adalah Argentina, tim asal Amerika Latin yang sebelumnya tak lolos ke Piala Dunia U-20 tersebut dipilih oleh FIFA. Dengan demikian, skuad Timnas Argentina U-20 yang sebelumnya gagal lolos – kini dinyatakan ikut berpartisipasi.

“FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina, sebagaimana kandang juara dunia membuka pintunya bagi superstar sepakbola masa depan,” kata presiden FIFA Gianni Infantino di laman resmi FIFA.

“Saya ingin berterima kasih kepada AFA dan khususnya presidennya Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu,” ujarnya menambahkan.

“Piala Dunia U-20 memainkan peran kunci dalam upaya FIFA untuk mempromosikan sepakbola usia muda di seluruh dunia. Sejak 1977, turnamen ini diramaikan oleh beberapa pemain terhebat dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan banyak lainnya.”

“Memiliki edisi tahun ini yang berlangsung di negara yang hidup dan bernapas sepakbola akan menjadi inspirasi yang luar biasa bagi bintang-bintang masa depan,” tutup pernyataan Gianni Infantino.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment