Timnas Indonesia

Jelang Hadapi Indonesia, Filipina Tunjuk Eks Direktur Akademi Barcelona sebagai Pelatih Anyar The Azkals



NOBARTV NEWS – Timnas Filipina resmi menunjuk pelatih baru jelang arungi 2022. Pelatih tersebut adalah Josep Ferre Ybars. Josep Ferre Ybars merupakan mantan direktur akademi Barcelona. Nantinya, ia akan menukangi The Azkals dalam babak grup Piala AFF 2022 termasuk ketika bertemu dengan .

Sepanjang sejarah diadakannya Piala AFF ini, Filipina dan Timnas Indonesia sama-sama tak pernah meraih gelar juara. Namun jika melihat prestasi dari sejauh mana kedua tim ini bisa melangkah, Timnas Indonesia jelas lebih unggul. Skuad Garuda beberapa kali mencapai babak final Piala AFF. Terakhir, anak asuh Shin Tae-yong itu finis di posisi kedua Piala AFF 2020. Elkan Baggott dkk hanya takluk dari Timnas Thailand di partai final. Adapun Filipina, di edisi sebelumnya, mereka bahkan tak lolos ke babak semifinal.

Namun kini, Timnas Filipina jauh lebih menakutkan. Selain menunjuk pelatih anyar, Filipina juga dijadwalkan akan melakoni laga uji coba melawan Vietnam sebelum mentas di Piala AFF 2022 ini.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Namun perlu diketahui juga, pelatih anyar mereka bukanlah nama sembarangan. Bagaimana rekam jejak pelatih baru tersebut? Berikut ulasannya!

Josep Ferre Ybars merupakan pelatih asal Barcelona berkebangsaan Spanyol. Kini, usia Ferre sudah menginjak 39 tahun. Pria yang biasa disapa Coco ini memiliki lisensi kepelatihan A EUFA.

Menariknya, Coco tidak hanya mahir sebagai pelatih. Selama karir sepak bolanya, ia pernah menjadi Manajer Akademi, Asisten Pelatih, hingga Video Analis.

Coco pernah menjadi Direktur Akademi Barcelona sebelum akhirnya meniti karir di sepak bola Asia. Selama menjadi pelatih, Coco pernah menukangi Bayamón FC, Bangkok Glass (BG Pathum United), dan FC Ascó. Dan per 8 Desember kemarin, ia resmi menjabat sebagai pelatih tim nasional untuk pertama kalinya.

Pengumuman kedatangan Coco sebagai pelatih Timnas Filipina diumumkan lewat media sosial resmi FA Filipina.

“Selamat datang di Filipina, coach Coco! Dengan pengalaman melatih lebih dari satu dekade, mantan pelatih akademi Barcelona, Josep Ferre mengambil pekerjaan utama sebagai pelatih tim nasional Filipina,” tulis FA Filipina di akun facebook resminya.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Dengan hadirnya sang pelatih baru, jelas Timnas Indonesia tak bisa menganggap remeh sang lawan. Segudang pengalaman yang dimiliki Coco bisa menjadi penghambat Timnas Indonesia untuk lolos ke babak semifinal.

Dan untuk diketahui, laga antara Timnas Indonesia vs Timnas Filipina akan dilangsungkan pada 2 Januari 2023. Laga tersebut akan dihelat di kandang Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila. Laga ini sekaligus menjadi laga pamungkas kedua tim di grup A Piala AFF 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments