Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Hantam Brunei 7 Gol Tanpa Balas!



NOBARTV NEWS pesta gol ke gawang Brunei Darussalam. Lebih dari setengah lusin gol berhasil dicetak oleh anak asuh Shin Tae-yong itu.

Skuad Garuda Indonesia kembali meraih poin penuh ketika bertandang ke markas Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia. Sebelumnya, skuad asuhan Shin Tae-yong itu menang tipis atas Kamboja di laga perdananya di 2022. Dan kini, mereka kembali mengemas poin penuh di laga kedua. Tak tanggung-tanggung, 7 gol tanpa balas dicetak oleh anak asuh Shin Tae-yong itu.

Di laga melawan Brunei Darussalam, STY merotasi banyak pemainnya. Di lini belakang, Hansamu Yama Pranata dan Rizky Ridho berduet sejak menit pertama. Di laga sebelumnya, kedua bek tengah tersebut tidak diturunkan sama sekali oleh Shin Tae-yong. Adapun di posisi bek kiri, Edo Febriansyah menggantikan tempat yang biasa ditempati oleh Pratama Arhan. Sedangkan di posisi bek sayap kanan, Asnawi masih setia dan menjadi andalan sang pelatih Shin Tae-yong. Untuk diketahui, di laga ini, Asnawi bertindak sebagai kapten karena kapten utama Fachruddin Aryanto absen sepanjang pertandingan.

Berlanjut ke lini tengah, Syahrian Abimanyu dan Rachmat Irianto akhirnya diturunkan. Sedangkan Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani, keduanya mengisi masing-masing posisi sayap di laga tersebut. Di lini depan, Ilija Spasojevic dan Dendy Sulistyawan diduetkan untuk pertama kalinya.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Meski jauh diunggulkan, namun di awal babak pertama skuad Garuda kesulitan menembus lini belakang tuan rumah. Bahkan, ketika Saddil Ramdani dkk berhasil menembusnya – mereka tetap kesulitan untuk mencetak gol pertamanya.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta ketika pertandingan memasuki menit ke-20. Syahrian Abimanyu berhasil menembak bola ke sudut sempit gawang setelah menerima umpan manis dari Spasojevic.

Pada menit ke-38, Brunei terpaksa bermain dengan 10 pemain. A. R. Jufri mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Saddil Ramdani tepat di depan garis gawang.

Unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia akhirnya menambah keunggulan lewat sontekan Dendy Sulistyawan. Skor 0-2 menjadi penutup babak pertama.

Berlanjut di babak kedua, skuad Garuda semakin di atas angin. Beberapa kali Egy Maulana Vikri dkk mendapatkan peluang emas yang nyaris menjadi gol.

Gol ketiga di laga tersebut akhirnya tercipta. Egy berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Edo Febriansyah. Skor 0-3 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Tak berselang lama, dua menit sesudah gol Egy tersebut, skuad Garuda kembali menambah keunggulan. Kali ini Spasojevic membuktikan kualitasnya setelah sempat mendapatkan cemoohan di pertandingan pembuka melawan Kamboja. Striker Bali United itu sukses menceploskan bola setelah menerima umpan tarik dari Asnawi Mangkualam Bahar.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Unggul 0-4 hingga menit ke-63, STY melakukan pergantian pemain. Asnawi, Egy, dan Spasojevic ditarik lalu digantikan oleh Witan, Sayuri, dan Sananta.

Pergantian STY terbukti manjur. Lima menit setelah pergantian itu, Yakob memberikan umpan matang kepada striker yang baru saja masuk Ramadhan Sananta. Skuad Garuda unggul 0-5.

Lima menit berselang, Dendy Sulistyawan ditarik dan digantikan oleh Muhammad Rafli. Dan 10 menit jelang bubar, Shin Tae-yong terpaksa menghabiskan kuota pergantian pemain karena bek tengah Rizky Ridho mengalami cidera. Marc Klok diminta untuk menggantikannya.

Kehadiran Klok membuat Timnas Indonesia semakin menggila. Sang pemain naturalisasi membuat tim tamu semakin memperlebar skor. Menerima umpan Yakob Sayuri, eks pemain PSM Makassar itu menceploskan bola ke gawang lawan sehingga skor semakin banyak. Skuad Garuda unggul 0-6.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Yakob Sayuri membuat kiper Brunei kehabisan nafas. Sayap lincah Timnas Indonesia membuat Indonesia menang telak dengan skor akhir 0-7.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia semakin pede jelang laga ketiganya di grup A Piala AFF 2022. Dijadwalkan, skuad Garuda akan menjamu Timnas Thailand di Gelora Bung Karno, Jakarta pada 29 Desember 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

60 Comments