Timnas Indonesia

Jadi Bulan-bulan Netizen, Barnabas Sobor Klarifikasi soal Kata-kata Kasar di Media Sosialnya



NOBARTV NEWS – Barnabas Sobor akhirnya angkat suara terkait cemoohan yang ia dapatkan lewat media sosialnya. Sebelumnya, Barnabas disebut mengeluarkan kata-kata tak pantas ketika rekan setimnya baru saja mengalami kekalahan dalam sebuah laga uji coba.

Seperti yang diketahui, sebelum berangkat ke Uzbekistan pada Jumat malam kemarin, U-20 lebih dulu melakukan pemusatan latihan sejak tanggal 1 Pebruari 2023. Tidak sekadar pemusatan latihan saja, mereka juga diberikan beberapa laga uji coba sebagai persiapan sebelum memulai Piala Asia U-20 yang akan digelar di Uzbekistan.

Dalam sebuah turnamen mini, PSSI dan Menpora mendatangkan tiga tim sebagai lawan tanding Hokky Caraka dkk. Mereka adalah Timnas Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Selandia Baru U-20. Untuk diketahui, ketiga tim tersebut merupakan kontestan yang nantinya akan dilaksanakan di Indonesia.

Nah, sebagai persiapan Piala Asia U-20 itu, PSSI menganggap tiga kontestan Piala Dunia U-20 tersebut sebagai lawan yang tepat sebagai persiapan mereka sebelum bertanding di Piala Asia U-20.

Namun sayangnya, di tiga laga uji coba itu, anak asuh Shin Tae-yong hanya mengemas satu kali kemenangan. Sedangkan di dua laga sisa yakni melawan Timnas Selandia Baru U-20 dan Guatemala U-20, skuad Garuda muda selalu menelan kekalahan.

Baca Juga:  Raport Pemain Abroad: Sandy – Justin Absen, Thom Haye dan Asnawi Bikin Assist

Dan anehnya, beberapa saat setelah kekalahan atas Timnas Guatemala U-20 itu, salah satu punggawa Garuda muda yakni Barnabas Sobor mengeluarkan kata-kata kasar.

“Mampus…” tulis Sobor di insta story-nya.

Sontak, postingan tersebut membikin netizen geram. Padahal, Sobor merupakan pemain yang turut mengikuti TC tersebut. Atas hal itu, netizen ramai-ramai menyerbunya. Di beberapa postingan terakhirnya, Barnabas mendapatkan kecaman hingga makian. Terlebih, setelah namanya tak diikutsertakan dalam Piala Asia U-20, netizen semakin banyak yang menerka kalau attitude sang pemain sedang bermasalah.

Bahkan, di tiga laga uji coba Indonesia itu, Barnabas Sobor tak pernah nampak. Hal itu membuat prasangka buruk terhadap sang pemain semakin menjadi-jadi.

Hingga pada akhirnya, pemain yang bersangkutan angkat bicara. Lewat media sosialnya, Barnabas menjelaskan bahwa apa yang ia tulis tak memiliki kaitan sama sekali dengan hasil pertandingan Garuda muda itu. Ia mengklaim bahwa dirinya saat itu sedang bermain playstation. Lalu ketika rekan mainnya kalah, ia sontak membuat insta story seperti itu.

Baca Juga:  Laga Uji Coba Indonesia vs Tanzania Disiarkan Langsung dan Boleh Dihadiri Penonton

“Di sini saya mau menjelaskan sebenarnya yang kemarin saua naikin story ‘mamp*s' itu terus saya pakai emoji tertawa. Sebenarnya itu bertabrakan langsung sama Coach dan teman-teman timnas U-20,” jelas Barnabas Sobor.

“Saya tidak tahu kalau skor akhir 1-0 buat kemenangan Guatemala, soalnya saya tidak lanjut menonton di babak kedua teman-teman mereka bertanding,” katanya menambahkan.

“Di situ pun saya lagi main PS (Play Station) sama teman saya, jadi teman saya itu dia kalah makanya saya naikin story ‘mamp*s' tapi tahu-tahu langsung bertabrakan sama teman-teman timnas. Nah, di situ langsung saya buka Instagram lagi, ternyata sudah ramai sekali mereka omongnya ‘maksud kami apa Sobor'.”

Meski demikian, Sobor tetap meminta maaf jika perkataannya itu menyinggung banyak orang. Ia juga meminta kepada media untuk tidak berpikir negatif terhadap apa yang ia lihat secara sepintas.

“Saya bingung langsung ‘ini kenapa banyak sekali orang DM saya. Makanya saya minta maaf buat teman-teman semua. Media semua, kalian pikirannya jangan negatif dulu,” tutup Barnabas dalam tulisannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments