Timnas Indonesia

Punggawa Persib Ikut Bersuara soal Proses Naturalisasi di Timnas Indonesia, Apa Katanya?



NOBARTV.CO.ID Nick Kuipers komentari naturalisasi , Bek asing milik Persib Bandung Nick Kuipers ikut bersuara soal kehadiran pemain naturalisasi di skuad Garuda. Apa kata pemain asing asal Belanda itu?

Tinggal sebentar lagi, Timnas Indonesia akan memiliki tambahan amunisi baru. Diketahui, pada 12 Maret mendatang, Kementerian Hukum dan HAM RI, PSSI, beserta stekholder yang terkait akan melakukan sumpah WNI kepada tiga pemain keturunan yakni Nathan Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes.

Dengan diresmikannya ketiga pemain tersebut sebagai WNI, maka mereka juga akan dinyatakan berhak untuk membela Timnas Indonesia. Menariknya, dua dari tiga pemain yang akan melakukan sumpah WNI ini langsung masuk ke dalam persiapan Timnas Indonesia jelang 2026 kontra Vietnam.

Jadi, pada Maret 2024 ini, Marc Anthony Klok dkk akan memainkan dua pertandingan melawan Vietnam dengan tajuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dua laga melawan Vietnam akan dimainkan di tempat yang berbeda. Pertama, duel antar negara ASEAN ini digelar di markas Indonesia yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Kedua, laga tersebut akam dihelat di My Dinh Internasional alias markas Vietnam.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Kembali ke topik utama, dengan bertambahnya tiga pemain baru untuk skuad Garuda, maka hal itu akan membuat Timnas Indonesia kini diperkuat belasan pemain naturalisasi. Tercatat, sebelumnya, sudah ada tujuh pemain yang berstatus sebagai pemain naturalisasi. Sebut saja seperti Marc Anthony Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, hingga Justin Hubner.

Punggawa Persib Ikut Bersuara soal Proses Naturalisasi di Timnas Indonesia, Apa Katanya?
Salah satu pemain Timnas Indonesia Jay Idzes (sumber: IG @jayidzes)

Dan dengan bertambahnya nama-nama seperti Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Maarten Paes, hingga Nathan Tjoe-A-On, maka skuad Garuda akan diperkuat lebih dari 10 pemain naturalisasi. Mayoritas pemain naturalisasi yang kini memperkuat Timnas Indonesia berasal dari Belanda. Hubungan masa lalu antara Belanda dan Indonesia membuat banyak pemain keturunan yang berasal dari Negeri Kincir Angin tersebut. Bahkan, dari belasan pemain naturalisasi tersebut, hanya Jordi Amat yang merupakan pemain kelahiran Spanyol. Sisanya – Sandy Walsh hingga Maarten Paes merupakan pesepakbola kelahiran Belanda.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Banyaknya pemain naturalisasi ini pun membuat salah satu punggawa Persib Bandung asal Belanda turut bersuara. Adalah Nick Kuipers, bek tengah Maung Bandung itu bersuara soal banyaknya pemain naturalisasi di skuad Garuda.

“Mereka membawa banyak pemain dari Eropa, jadi dari Belanda ya, saya tidak tahu alasannya. Mereka punya koneksi keluarga dengan Indonesia,” kata Nick Kuipers Jumat kemarin.

“Tetapi saya pikir mereka sangat bagus. Saya tidak banyak bermain melawan mereka. Tetapi untuk beberapa dari mereka yang bermain, saya pikir mereka adalah pemain yang sangat bagus,” ucapnya menambahkan.

“Tentu saja tidak mudah untuk masuk ke liga-liga Asia, terutama untuk Timnas Indonesia.”

Di akhir, Nick berharap kehadiran pemain naturalisasi tersebut mampu meningkatkan level skuad Timnas Indonesia.

“Jadi ya, saya harap mereka bisa meningkatkan level tim nasional dan mereka bisa merasa percaya diri dalam hal ini.Mereka bisa melakukan banyak hal bagus untuk sepak bola Indonesia. Tetapi saya pikir itu hal yang bagus bahwa mereka membawa pemain yang berkualitas untuk tim nasional,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *