Timnas Indonesia

Indra Sjafri Sebut STY Berpeluang Panggil Pemain Baru Jelang Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebut masih ada kemungkinan pemain lain yang bakal didaftarkan jelang Piala Asia U-20 2023. Kemungkinan tersebut akan terjadi jika para pemain yang diminta bergabung tak kunjung datang memenuhi panggilan TC tersebut.

Sebagaimana diketahui, pemusatan latihan Timnas U-20 sudah berjalan selama dua minggu. Pemusatan latihan tersebut dimulai tepat pada 1 Pebruari 2023 kemarin. Shin Tae-yong lewat PSSI sudah mengumumkan 30 nama pemain yang diminta untuk mengikuti TC tersebut.

Namun sayangnya, tak semua pemain sudah bergabung. Sebut saja seperti Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Kedua pemain andalan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan U-19 2022 itu masih berada di luar negeri. Keduanya baru saja diresmikan oleh klub Belgia KMSK Deinze dan klub Turki Bodrumspor.

Belum lagi ditambah dengan satu pemain Persija yang tak lain adalah kapten U-20 Muhammad Ferrari. Ia menjadi satu-satunya pemain Persija yang belum dilepas oleh tim ibu kota tersebut. Sedangkan 8 pemain Persija lainnya sudah dilepas secara satu persatu sejak pertama kali diminta oleh PSSI.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Ketiadaan para pemain tersebut membuat Indra menyebut Shin Tae-yong berpeluang memanggil pemain lainnya. Sebab Shin sendiri ingin membuat tim yang komplit di Piala Asia U-20 ini. Sementara itu, jika para pemain yang diminta untuk bergabung tersebut tak hadir sejak pemusatan latihan, hal itu membuat Shin tak bisa membuat skuad komplit sedini mungkin.

“Saya akan diskusikan dengan coach Shin dulu. Kan pemain ada 50 yang didaftarkan, apakah ada penggantinya,” papar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

“Tapi saya pikir Piala Asia ini kan tinggal hitungan hari, jadi harus pemain terbaik. Supaya bisa kelihatan lawan Uzbekistan,  Irak dan Suriah maka harus sudah komplit pemainnya. Jadi coach Shin kalau dia marah (soal pemain yang belum gabung), ya gak salah juga,” ujarnya menambahkan.

Persiapan semakin mepet ini memaksa Shin melakukan itu. Sebab mau bagaimana lagi, dalam persiapan yang akan berakhir tidak lebih dari dua minggu ini, skuad Garuda muda akan tampil di even penting tersebut.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Bahkan, di ajang Turnamen Mini PSSI ini, skuad Garuda muda belum juga lengkap sesuai yang diinginkan sang pelatih. Padahal, TC kali ini juga ditujukan untuk membuat kerangka dasar Timnas Indonesia untuk 2023.

Oleh sebab itu, apa keputusan Shin nantinya bukanlah kesalahannya. Andai Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, atau Muhammad Ferrari dicoret dari skuad Garuda muda, hal itu bukan karena keinginan Shin Tae-yong sepenuhnya. Tapi karena mereka tak bisa bergabung di TC lebih awal sehingga Shin tak bisa membuat kerangka yang lebih matang seperti yang diinginkannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments