Timnas Indonesia

Naturalisasi Belum Selesai, STY Akan Cari Pemain Keturunan Baru untuk Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong belum puas dengan jumlah pemain naturalisasi yang berada di skuadnya. Terbaru, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu dikabarkan akan terbang ke Belanda untuk mencari pemain keturunan baru.

Seperti yang diketahui, di waktu dekat ini, akan tampil di ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Rencananya, pada ajang tersebut, skuad Garuda akan memainkan dua pertandingan melawan Vietnam. Dua laga melawan Vietnam itu digelar di Indonesia dan di markas Vietnam. Untuk pertandingan di Indonesia, duel tersebut akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Sedangkan laga di Vietnam akan dimainkan di My Dinh Internasional Stadium.

Menariknya, laga melawan Vietnam kemungkinan besar akan diisi oleh wajah baru dari Timnas Indonesia. Wajah baru tersebut adalah para pemain naturalisasi yang akan memperkuat skuad Garuda. Diketahui, tiga pemain naturalisasi berpeluang debut pada laga tersebut. Mereka adalah Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye.

Satu dari tiga pemain tersebut sudah diresmikan sebagai WNI beberapa waktu lalu. Sedangkan dua nama lainnya Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye akan segera merampungkan proses naturalisasinya di waktu dekat ini.

“Yang pasti kami bersama dengan pak Sekjen (Yunus Nusi) dan pak Arya (Exco PSSI) akan mengurus proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pada pertengahan Maret ini, sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam. Itu dulu (pemain) yang dinaturalisasi,” terang Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Selain ketiga pemain yang berpeluang debut tersebut, Timnas Indonesia kemungkinan besar akan kembali diperkuat oleh pemain-pemain naturalisasi baru. Hanya saja, mereka tidak akan bisa debut pada bulan Maret tersebut. Dua pemain yang akan mengikuti jejak Ragnar Oratmangoen dkk adalah Nathan Tjoe-A-On dan Maarten Paes. Diketahui, keduanya beberapa waktu lalu sudah memulai proses naturalisasi sebagai WNI.

Namun menariknya, walaupun Timnas Indonesia akan segera diperkuat oleh pemain-pemain naturalisasi tersebut, tapi pada kenyataannya Shin Tae-yong masih merasa belum puas. Kepada media asal Korea Selatan, Shin bercerita kalau dirinya akan kembali mencari pemain keturunan Indonesia untuk dijadikan sebagai bagian dari skuad Garuda. Ia akan terbang sendiri ke Belanda untuk mencari mereka.

Naturalisasi Belum Selesai, STY Akan Cari Pemain Keturunan Baru untuk Timnas Indonesia
Shin Tae-yong ketika berlibur ke kampung halamannya (sumber: IG @shintaeyong7777)

“Saya berencana pergi ke Belanda dalam waktu dekat dan berada di sama selama 2 pekan untuk mencari pemain keturunan sekali lagi,” kata Shin Tae-yong dilansir dari Best Eleven.

“Ini bukan pemain asing, tetapi pemain yang memiliki darah Indonesia,” ucapnya menambahkan.

“Kami mencari pemain dengan darah Indonesia, saya pikir mereka pemain yang lebih bagus (ketimbang pemain yang main di liga lokal). Tapi jika melihat seksama, hal ini juga tidak mudah.”

“Hampir tidak ada pemain keturunan yang bermain reguler untuk timnya,” ucapnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *