Timnas Indonesia

Menurut Shin Tae-Yong, Ini Penyebab Timnas U-23 Takluk dari Pohang Steelers



Menurut Shin Tae-Yong, Ini Penyebab Timnas U-23 Takluk dari Pohang Steelers
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS U-23 telah menjalani 2 laga uji coba dari 3 laga yang sudah dijadwalkan. Dari dua laga tersebut, Timnas U-23 meraih satu kali kemenangan dan satu alami kekalahan.

Satu kemenangan itu didapatkannya di laga uji coba pertamanya ketika berhadapan dengan Andong University. Dalam laga tersebut, Indonesia menang dengan skor 4 – 2. Sedangkan satu kekalahan lainnya berasal dari klub kasta tertinggi Selatan, Pohang Steelers FC 2 – 0.

Di dua laga tersebut, Shin Tae-yong sama-sama menyoroti penampilan anak asuhnya. Di laga kontra Andong University, Shin Tae-yong menyebut anak asuhnya kesulitan dalam membuka ruang. Sehingga peluang yang didapatkan Timnas U-23 sangat minim. Meski pada akhirnya Timnas U-23 meraih kemenangan, hal tersebut tidak serta-merta membuat pelatih asal Korea Selatan itu senang.

Sedangkan di laga keduanya kemarin (vs Pohang Steelers FC), Shin Tae-yong membeberkan fakta mengapa timnya mengalami kekalahan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dalam laga tersebut, Shin Tae-yong memberikan kepercayaan sejak menit pertama kepada tiga pemain seniornya. Mereka adalah Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan Marc Anthony Klok.

Meski demikian, pertahanan Timnas U-23 selalu menjadi arena serangan para punggawa Pohang. Tampilnya tiga pemain senior itu tidak membuat Indonesia mendapatkan banyak kesempatan untuk menyerang.

Bahkan ketika Shin Tae-yong mengganti beberapa pemain sekaligus di babak kedua, hal itu tidak membuat perubahan berarti dari skuad Timnas Indonesia.

Di babak pertama, Marc Klok dkk mampu menahan gempuran tim lawan. Namun, di babak kedua, tepatnya 10 menit terakhir menjelang berakhirnya laga, gawang Timnas Indonesia akhirnya kebobolan. Tidak satu gol saja melainkan 2 gol dicetak oleh tim yang saat ini bertengger di posisi ketiga klasemen sementara K League 1 itu.

“Kami tak bisa imbangi tempo pertandingan, lawan umpannya cepat dengan satu sentuhan. Sedang, kami tak bisa mengejarnya. Evaluasi saya salah satunya ini, soal tempo pertandingan dan waktu memberi umpan,” tegas Shin Tae-yong mengenai alasan tim-nya mengalami kekalahan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Lalu, ada momen kemasukan gol, ada peluang cetak gol pemain yang dari belakang tak naik sama sekali. Jadi ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki pelan-pelan,” tambah coach Shin.

Di laga uji coba berikutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Daejeon Hana Citizen. Setelah itu, mereka akan mudik ke Indonesia dan berlebaran di kampung halaman masing-masing.

“Kami akan fokus conditioning agar bisa tanding lebih baik setelah uji coba lawan Daejon, lalu kami akan terbang ke Jakarta,” tutup Shin Tae-yong.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid