Timnas Indonesia

Persib Vs Persija: Duel Bek Tangguh Garuda Muda Muhammad Ferrari Vs Kakang Rudianto, Berikut Statistik & Fakta Kedua Pemain!



NOBARTV NEWS – Duel seru bakal tersaji dalam ajang pekan ke-11 antara tuan rumah Persib Bandung Vs Persija Jakarta. Duel yang kerap disebut sebagai laga ‘el-clasico' Indonesia ini akan mempertemukan dua bek tangguh Garuda muda Muhammad Ferrari dan Kakang Rudianto. Sebagaimana diketahui, di event beberapa waktu lalu, keduanya bahu membahu membawa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 kemarin, Timnas Indonesia U-20 tergabung di grup F bersama Timnas Vietnam, Timor-Leste, dan Hongkong. Dua bek tengah yang disebutkan di atas menjadi dua dari beberapa pemain inti skuad Garuda muda. Sepanjang kualifikasi kemarin, Muhammad Ferrari dan Kakang menjadi bek tangguh yang mengawal lini belakang Timnas Indonesia.

Alhasil, dari tiga laga di babak kualifikasi tersebut, gawang Timnas Indonesia U-20 hanya dibobol sebanyak 3 kali. Satu gol ketika melawan Timnas Hongkong di matchday kedua dan dua gol lainnya ketika berjumpa Vietnam di laga pamungkas.

Kini, dua bek yang sebelumnya berduet di lini bertahan Timnas Indonesia U-20 itu akan saling berhadapan. Ferrari berada di kubu Macan Kemayoran sedangkan Kakang bakal mengisi lini bertahan Maung Bandung.

Lalu bagaimana statistik serta fakta dari dua pemain yang bakal berduel esok sore ini? Berikut ulasannya!

1. Jumlah Bermain

Musim ini, Muhammad Ferrari lebih dipercaya oleh pelatih Persija Thomas Doll untuk mengisi posisi inti Macam Kemayoran. Hingga pekan ke-10 kemarin, Ferrari telah tampil sebanyak 8 kali. Andaikata Ferrari tidak mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 beberapa waktu lalu, bisa dipastikan ia sudah bermain di semua laga hingga pekan ke-10 kemarin.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Ferrari menjadi bek muda yang tak tergantikan di bawah kepemimpinan Thomas Doll musim ini.

Adapun Kakang, bek jangkung berpostur 1,83 meter ini hanya tampil sebanyak 3 kali. Itupun ketika Persib berada di awal BRI Liga 1 2022/2023. Kakang turun ketika Persib berhadapan dengan Madura United, Borneo FC, dan PSIS Semarang.

2. Bermain Lebih Sedikit, Kakang Sudah Pernah Cetak Gol

Meski hanya bermain dalam beberapa pertandingan saja, namun pada kenyataannya Kakang sudah pernah menorehkan satu gol untuk klubnya.

Musim lalu, ketika berjumpa Persikabo 1973 pada pekan ke-21 BRI Liga musim 2021/2022, Kakang mencetak gol tunggal untuk kemenangan Persib Bandung. Sedangkan Ferrari, dari seluruh laga yang sudah ia mainkan dengan klubnya, ia belum pernah menorehkan gol sama sekali.

3. Muhammad Ferrari Sudah Mendapatkan Caps dengan Timnas Senior

Meski belum mampu mencetak gol bersama klubnya, namun Ferrari lebih dulu mendapatkan promosi ke tim senior Timnas Indonesia. Di ajang FIFA Matchday beberapa hari lalu, Ferrari masuk sebagai pemain pengganti di laga kedua kontra Curacao.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Momen tersebut merupakan pertama kalinya ia masuk dalam skuad senior Timnas Indonesia.

4. Sama-sama Belum Pernah Bermain untuk Timnas U-23

Menariknya, kedua pemain ini belum pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23. Namun wajar saja mengingat turnamen yang mempertemukan Timnas U-23 sangat jarang digelar. Terakhir, Timnas U-23 berkumpul dan bermain adalah ketika mereka mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam. Saat itu, kedua pemain ini tidak memperkuat skuad yang diasuh juga oleh Shin Tae-yong itu.

5. Muhammad Ferrari Lebih Moncer di Timnas Kelompok Umur

Sama-sama menjadi palang pintu Timnas Indonesia, namun Ferrari jauh lebih produktif dibanding sang kompatriotnya itu. Ferrari telah mencetak 3 gol sejauh ia bertanding untuk Garuda muda sedangkan Kakang belum pernah mencetak gol sama sekali. Menariknya, seluruh gol yang dicetak Ferrari berasal dari sundulan. Dua gol ketika menghadapi Myanmar di U-19 2022 dan satu gol lainnya ketika Garuda muda jumpa Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Menarik untuk menyaksikan bagaimana pertemuan kedua bek tangguh Garuda muda ini. Apakah Ferrari akan langsung diturunkan lagi? Atau apakah Kakang akan masuk skuad kembali? Hanya Luis Milla (pelatih Persib Bandung) dan Thomas Doll lah yang mengetahui.

Laga antara Persib Bandung Vs Persija akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada tanggal 2 Oktober 2022 pukul 16.00 WIB.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments