Timnas Indonesia

Marselino Ferdinan, Pemain Muda Tersibuk di Sisa Tahun 2022



Marselino Ferdinan, Pemain Muda Tersibuk di Sisa Tahun 2022
Marselino Ferdinan

NOBARTV NEWS – Marselino Ferdinan menjadi pemain muda Indonesia paling menonjol saat ini. Pemain 17 tahun itu menjadi andalan untuk klub dan juga tim nasional. Bahkan, peran Marselino Ferdinan dibutuhkan di tiga kelompok umur sekaligus : U-19, U-23, dan tim nasional senior.

Baru-baru ini, Marselino Ferdinan menjadi buah bibir karena berhasil menyematkan dirinya sebagai pencetak gol termuda di Kualifikasi Piala Asia. Gol yang dicetak Marselino ke gawang Nepal di lalu juga membawa Indonesia melaju ke Piala Asia 2023.

Usai membela di Kualifikasi Piala Asia tersebut, Marselino tidak menunggu waktu lama untuk merumput dengan klubnya, Persebaya Surabaya. Di Piala Presiden beberapa waktu lalu, pelatih Persebaya, Aji Santoso menurunkannya sebagai pemain pengganti.

Di level Timnas U-23, Marselino menjadi salah satu bagian penting skuad Indonesia di SEA Games 2021 lalu. Di turnamen olah raga terbesar se-Asia Tenggara itu, adik dari Oktavianus Fernando ini menyumbang dua gol sepanjang turnamen. Ia turut mengandaskan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Jadwal Padat Marselino Ferdinan di tahun ini tidak berhenti sampai di dua event tersebut (SEA Games 2021 dan Kualifikasi Piala Asia 2023). Sederet laga penting akan kembali diikuti oleh pemilik nomor 7 Timnas Indonesia itu.

Setidaknya, ada empat event bersama Timnas Indonesia yang akan diikuti oleh Marselino Ferdinan di sisa tahun 2022 ini.

1. U-19

Marselino Ferdinan kemungkinan besar akan kembali diandalkan Shin Tae-Yong di turnamen ini. Beberapa alasan menjadikan ia akan dipanggil oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Mengingat turnamen ini diselenggarakan di Indonesia, maka peluang Marselino untuk turun membela Timnas muda sangatlah besar. Piala AFF U-19 akan dimulai pada 2 – 15 Juli mendatang.

2. Kualifikasi Piala Asia U-20

Peluang Marselino Ferdinan untuk kembali dipanggil memperkuat Timnas U-20 amat terbuka lebar. Terlebih, untuk kedua kalinya, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di Kualifikasi Piala Asia U-20 tahun ini, Timnas Indonesia tergabung di grup F bersama Timnas Vietnam, Hongkong, dan Timor-Leste.

3. FIFA Matchday

Penampilan Marselino Ferdinan bersama Timnas senior sejauh ini sangat baik – dan bisa dipastikan, penampilan tersebut akan berlanjut hingga FIFA Matchday bulan November mendatang.

4. Piala AFF 2022

Di Piala AFF sebelumnya (2020), Marselino Ferdinan tidak diikutsertakan. Namun untuk event tahun ini, ia akan kembali turun demi memantapkan dirinya jelang tahun depan.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid