Timnas Indonesia

Jelang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Bakal Jalani TC Tanpa STY di Bali

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS 2022 akan dihelat tidak lebih dari dua bulan lagi. Namun beberapa tim sudah mempersiapkan diri jelang even sepak bola dua tahunan di Asia Tenggara itu. Salah satu pesaing di grup A yakni Timnas Thailand bahkan sudah merencanakan dua uji coba sebelum even tersebut berlangsung.

Melalui laman resminya, FA Thailand mengumumkan bahwa skuad asuhan Mano Polking itu akan menjalani dua uji coba. Pertama pada tanggal 13 November dan kedua pada 18 Desember 2022.

“Sesuai rencana yang telah dibahas dengan Mano Polking, akan ada dua uji coba antara tanggal 13 November dan 18 Desember,” tulis laman resmi FA Thailand.

“Kami sedang menunggu tanggapan resmi dan akan mengumumkan lagi lebih lanjut,” tambahnya.

Selain Thailand, kontestan lain di grup B yakni Timnas Malaysia juga melakukan hal serupa. Skuad armada Kim Pan-gon itu akan melawan Timnas Kamboja dan Timnas Maladewa.

Timnas Indonesia sempat dianggap adem ayem karena belum melakukan gebrakan apapun jelang Piala AFF 2022 ini. Hingga pada akhirnya Ketua Umum PSSI pun menjawab. Mochamad Iriawan dalam kunjungannya ke Gedung Transmedia beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia akan segera melakukan pemusatan latihan di Bali. Hanya saja, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu cukup khawatir lantaran banyak pemain Timnas Indonesia yang sudah lama tidak bermain sepak bola buntut dihentikannya kompetisi .

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Iwan Bule berharap agar kompetisi bisa segera berjalan agar performa skuad Garuda Indonesia tidak menurun.

“Itu salah satu mengapa kompetisi harus segara jalan. Supaya pemain timnas harus bermain di klubnya sehingga performanya tidak turun. Tapi sebentar lagi saya akan melakukan pemusatan latihan senior di Bali jadi dipanggil latihan lama menjelang akhir Desember nanti Piala AFF. Itu dilakukan di Bali,” terang Mochamad Iriawan.

Namun sayang, di pemusatan latihan kali ini sang pelatih Shin Tae-yong tidak bisa menemani mereka. Hal ini disebabkan Shin masih membersamai skuad Garuda muda yang saat ini tengah melakukan pemusatan latihan di Eropa.

Garuda muda tengah melakukan pemusatan latihan yang diperkirakan akan selesai selama kurun waktu dua bulan atau hingga bulan depan.

Sebagai gantinya, STY akan mengirimkan satu asistennya untuk turun di pemusatan latihan Timnas senior di Bali.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Nanti dibagi. STY menyampaikan nanti ada asisten pelatih yang membagi yang pentingkan STY bisa mengendalikkanlah dengan road map dan bisa melihat dengan zoom. Analis juga ada. Nanti akan dibagi oleh STY,” tutup Iriawan.

Untuk diketahui, Piala AFF 2022 akan berbeda dengan edisi sebelumnya seperti Piala AFF 2020. Di edisi kali ini, setiap tim akan bermain di kandang sebanyak dua kali dan bermain tandang dengan jumlah yang sama.

Sebagai contoh, skuad Timnas Indonesia akan bermain sebagai tuan rumah di laga melawan Thailand namun di pertandingan menghadapi Filipina, skuad asuhan STY akan bermain sebagai tim tamu. Indonesia, Filipina, dan Thailand tergabung di grup yang sama yaitu grup A. Selain ketiga tim tersebut, Timnas Kamboja dan pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam juga akan tergabung di dalam grup yang sama.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments