Timnas Indonesia

Pengamat Sepak Bola Sebut Timnas Indonesia Butuh Pemain Baru untuk Tampil Bagus di Piala Dunia U-20



NOBARTV NEWS – Marselino Ferdinan dan tiga pemain naturalisasi tak masuk dalam skuad Garuda muda di Piala Asia U-20 2023 kemarin. Namun mereka diprediksi sudah bisa turun di nanti. Seorang pengamat sepak bola menyebut kehadiran keempat pemain tersebut belum mampu membawa Timnas U-20 tampil bagus di Piala Dunia U-20 nanti.

Sebagaimana diketahui, pada Piala Asia U-20 kemarin, Shin Tae-yong menyebut timnya tak berkekuatan penuh. Shin berdalih absennya Marselino Ferdinan dan tiga calon pemain muda naturalisasi seperti Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick sebagai penyebabnya.

Ya, tanpa kehadiran empat pemain tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu tak cukup pede untuk bertarung di Piala Asia U-20. Akan tetapi, jika keempat pemain tersebut sudah bergabung di Piala Dunia U-20 nanti, Shin menjanjikan skuad yang diasuhnya bakal tampil sempurna.

Adapun di Piala Asia U-20 tersebut, tanpa kehadiran pemain yang disebutkan tadi, Muhammad Ferrari dkk hanya mampu finis di posisi ketiga klasemen akhir grup A. Tergabung bersama tuan rumah Uzbekistan U-20, Irak U-20, dan Suriah U-20, skuad Garuda muda finis di peringkat ketiga klasemen akhir. Mereka hanya mampu mencatatkan kemenangan satu kali, imbang satu kali, dan menelan kekalahan satu kali juga.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Alhasil, dengan jumlah 4 poin yang ditorehkannya itu, skuad Garuda muda harus pulang lebih cepat. Ia dan tim yang finis di bawahnya yakni Suriah U-20 tersingkir. Sedangkan Timnas Uzbekistan U-20 dan Irak U-20 melaju ke babak berikutnya.

Kini, skuad Garuda muda telah kembali ke tanah air. Mereka direncanakan akan kembali mengikuti pemusatan latihan jangka panjang sebelum turun di Piala Dunia U-20 nanti. Rencananya, skuad Garuda muda akan mengikuti TC tersebut di Korea Selatan.

Hampir bisa dipastikan, Marselino Ferdinan dan tiga pemain naturalisasi tersebut sudah bisa membela di Piala Dunia U-20 nanti. Akan tetapi, meskipun keempat pemain tersebut sudah bergabung, Muhammad Kusnaeni selaku pengamat sepak bola menyebut Timnas Indonesia tak akan bisa tampil bagus di even (Piala Dunia U-20) tersebut. Kusnani

“Pelajaran terpenting dari Piala Asia ini adalah level permainan timnas U-20 masih perlu ditingkatkan untuk tampil di Piala Dunia nanti. Masih dibutuhkan tambahan pemain-pemain berkualitas kalau kita mau bersaing di Piala Dunia,” kata pria yang biasa disapa Bung Kus itu.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Menurut Bung Kus, skuad Garuda muda masih butuh tambahan seorang gelandang dan satu kiper mumpuni untuk tampil bagus di Piala Dunia U-20 nanti.

“Bagi saya, tambahan Marselino dan tiga pemain yang sedang dalam proses naturalisasi belum cukup. STY masih perlu didukung untuk mendapatkan pemain bagus lainnya di posisi kiper dan gelandang.”

“Kalau itu bisa didapatkan, saya yakin tim ini akan cukup mampu bersaing. Minimal peluang lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 akan terbuka,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid