Timnas Indonesia

KMSK Deinze Klaim Marselino Jadi Penonton di Laga Indonesia kontra Brunei Darussalam, Kenapa?



NOBARTV NEWS – KMSK Deinze resmi melepas Marselino Ferdinan ke untuk 2026 ini. Namun dalam keterangan selanjutnya, Deinze menyebut Marselino hanya akan menjadi penonton di laga Indonesia versus Brunei Darussalam itu. Kenapa?

Diketahui, skuad Timnas Indonesia akan memulai partai perdananya di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 lewat ronde pertama zona Asia. Di ronde pertama tersebut, anak asuh Shin Tae-yong akan berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam dalam dua pertandingan atau dua leg.

Leg pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dan leg kedua di markas Brunei yakni Stadion Hasanal Bolkiah.

Untuk menyambut ajang ini, sang pelatih Shin Tae-yong melalui PSSI memastikan akan memanggil 26 pemain. Dalam daftar 26 pemain tersebut, delapan di antaranya merupakan pemain abroad. Awalnya, Shin meminta kehadiran 9 pemain abroad seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Saddil Ramdani, Jordi Amat, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh.

Namun sayangnya, ketika nama-nama tersebut sudah diumumkan di website PSSI, salah satu dari pemain abroad tersebut dilanda cedera. Pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat. Alhasil, Amat ditarik dan digantikan oleh pemain lainnya yakni Fachruddin Aryanto. Dengan demikian, skuad Garuda kini menyisakan 8 pemain abroad di dalamnya.

Dan sampai saat ini, beberapa klub pemain abroad tersebut sudah mengumumkan terkait pemain-pemainnya yang akan bertarung bersama tim nasionalnya. Seperti ADO Den Haag misalnya. Klub yang berkompetisi di kasta kedua atau Eerste Divisie itu mengumumkan lima pemainnya yang diminta bergabung ke tim nasionalnya masing-masing. Salah satu pemain yang dipanggil tersebut adalah Rafael Struick.

Selain Rafael, terdapat nama-nama lain seperti Tyrese Asante (Jong Oranje), Jort van der Sande (Bonaire ), (Dhoraso Klas (Suriname ), dan Kilian Nikiema (Burkina Faso).

Begitupun dengan klub-klub lain seperti KMSK Deinze. Dalam keterangan resminya, Deinze mengumumkan bahwa satu pemainnya yakni Marselino Ferdinan akan meninggalkan klub yang berkarier di kasta kedua itu. Tapi anehnya, dari keterangan yang disampaikan Deinze, Marselino disebut tidak akan bertanding bersama skuad Garuda. Namun eks pemain Persebaya Surabaya itu akan melanjutkan rehabilitasi di Indonesia sekaligus mendukung rekan-rekannya di babak kualifikasi tersebut.

“Marselino Ferdinan dipanggil ke timnas Indonesia untuk melawan Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia,” tulis KMSK Deinze di akun media sosialnya.

“Marselino akan melanjutkan rehabilitasi di Indonesia sembari mendukung rekan-rekan setimnya di babak kualifikasi,” pungkas media tersebut.

Apa yang ditulis Deinze di laman resminya tersebut mengindikasikan kalau sang pemain sudah pulih dari cedera. Namun ia masih membutuhkan rehabilitasi. Terkait apakah Marselino akan diturunkan atau tidak, itu tergantung dengan kondisinya selama berada di Indonesia. Jika memungkinkan, Marselino bisa saja diturunkan. Namun jika berhalangan, maka Marselino hanya akan mendukung rekan setimnya – seperti yang dijelaskan oleh KMSK Deinze dalam unggahannya tersebut.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid