Timnas Indonesia

21 Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 Diumumkan pada 29 Oktober 2023



NOBARTV NEWS – Nasib 21 pemain yang akan mengikuti even 2023 akan ditentukan pada 29 Oktober mendatang.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 30 pemain U-17 baru saja mengikuti pemusatan latihan selama kurang lebih satu bulan di Jerman. Selama berada di negara Eropa tersebut, Arkhan Kaka dkk mendapat kesempatan emas dengan beruji coba melawan tujuh tim berbeda.

Tak hanya uji coba saja, anak asuh Bima Sakti itu juga mendapat fasilitas latihan yang sangat mumpuni sebagai persiapan mereka jelang tanding di Piala Dunia U-17 2023. Ya, di Piala Dunia U-17 ini, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) akan bertindak sebagai tuan rumah. Dalam drawing Piala Dunia U-17 yang dilakukan beberapa waktu lalu di Zurich, Swiss, skuad Garuda Asia dipastikan berada dalam grup A bersama Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Oleh karenanya, sebagai persiapan jelang tampil dan berlaga melawan tiga tim tersebut, PSSI beberapa waktu lalu memberangkatkan 30 pemain muda untuk mengikuti TC di Jerman. Adapun dalam tujuh uji coba yang sudah digelar itu, skuad Garuda hanya mampu memenangkan dua pertandingan saja. Satu laga berakhir dengan hasil imbang serta empat laga lainnya mereka menelan kekalahan.

Selama berada di Jerman, ke-30 pemain tersebut bahu membahu melawan para lawan-lawannya – hingga akhirnya, menjelang kick off (Piala Dunia U-17) pada 10 Nopember ini, mereka dipulangkan ke tanah air. Sayang, dari 30 pemain yang sudah bekerja keras selama TC ini, beberapa di antaranya terpaksa harus menerima kenyataan pahit. Pasalnya, sebanyak 9 pemain dipastikan akan dicoret oleh Bima Sakti. Hal ini dikarenakan dalam regulasi Piala Dunia U-17, hanya 21 pemain saja yang boleh untuk didaftarkan.

Rencana pengumuman 21 nama pemain yang akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 itu akan dilakukan pada 29 Oktober mendatang. Hal itu disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

21 Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 Diumumkan pada 29 Oktober 2023
Salah satu pemain keturunan di Timnas Indonesia U-17 Amar Rayhan Brkic

“Nanti tanggal 29 (Oktober) kami akan umumkan,” kata Indra Sjafri.

Dalam daftar 21 pemain itu, tiga di antaranya merupakan pemain dengan posisi penjaga gawang.

“18+3 kiper untuk menjadi skuad Piala Dunia U-17,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Indra lagi, setelah skuad Garuda kembali ke tanah air, mereka dijadwalkan akan kembali memainkan laga uji coba. Uji coba kali ini sebagai pematangan tim sebelum benar-benar siap untuk tampil di even internasional tersebut. Salah satu tim yang dikonfirmasi akan menjadi lawan skuad Garuda Asia adalah Torpedo U-17. Diketahui, Torpedo U-17 merupakan salah satu tim muda dari Rusia.

“Ya, kami nunggu kepastian Rusia Torpedo. Tapi nanti besok kepastian jadi atau tidak jadi,” katanya lagi.

“Tanggal 3 pindah ke Surabaya,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20 itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid