Timnas Indonesia

Profil Robi Darwis, Bek Anyar Garuda Muda yang Cetak Assist Lewat Tangan & Kaki



Profil Robi Darwis, Bek Anyar Garuda Muda yang Cetak Assist Lewat Tangan & Kaki
Robi Darwis

NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong mengejutkan banyak orang dengan memasang starting eleven baru ketika bersua Timor-Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Salah satu perombakan yang dilakukan Shin adalah dengan memasukkan pemain anyar Garuda muda, Robi Darwis. Di tangan Shin, ia menempati posisi bek dan sukses membuat 2 assist.

Sebelumnya, Robi Darwis tidak pernah masuk ke skuad . Baru kali ini, di Kualifikasi Piala Asia U-20, pemain milik Persib Bandung ini mendapatkan panggilan. Di event sebelumnya yakni U-19 2022, dirinya bahkan tidak masuk ke dalam daftar pemain yang mengikuti pemusatan latihan.

Robi Darwis yang berposisi sebagai gelandang bertahan disulap oleh STY menjadi seorang bek. Di laga perdana Timnas Indonesia melawan Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20, ia langsung mendapatkan debutnya sejak menit pertama.

Debut tersebut sangatlah istimewa. Robi Darwis dkk sukses melumat Timor-Leste dengan skor telak 4-0. Tidak selesai sampai di situ, dua dari empat gol skuad Garuda muda berasal dari assist yang ia ciptakan. Satu assist dengan kaki kanannya untuk gol Hokky Caraka dan satu assist lainnya lewat lemparan ke dalam untuk gol penutup Rabbani Tasnim.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Diprediksi, Robi akan kembali dimainkan Shin Tae-yong di dua laga berikutnya menghadapi Hongkong dan Vietnam.

Profil Robi Darwis, Bek yang Ciptakan 2 Assist dari Tangan & Kaki

Robi Darwis lahir 19 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2003 di Cianjur, Jawa Barat. Ia menghabiskan masa mudanya di akademi Persib Bandung Youth sejak 1 Maret 2019.

Dua tahun bersama akademi tersebut, Robi hijrah ke Bandung United pada 1 Agustus 2021. Di Bandung United, ia sempat bermain bersama bek tengah Timnas Indonesia U-19, Kakang Rudianto. Namun setahun berselang, Robi kembali ke akademi Persib Bandung. Tercatat, Robi pernah membela Persib Bandung U-16 dan U-19.

Tahun 2022 menjadi tahun emas baginya. Ia mendapatkan kontrak pertama dengan klub terbesar di Jawa Barat itu. Robi dipromosikan ke tim senior tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

Sebelum mentas di musim ini, Robi mendapatkan kesempatan tampil di laga pra musim yakni . Meski hanya tampil selama satu kali dengan waktu 10 menit saja, namun hal itu sedikit tidak membuatnya lebih percaya diri.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Musim ini, Robi telah tampil sebanyak 3 kali di ajang BRI Liga 1 2022/2023. Ia juga telah mengemas 1 assist dari tiga laga tersebut.

Robi tampil di awal musim ketika Persib Bandung bermain imbang dengan Bhayangkara FC 2-2, kemudian takluk dari Madura United 1-3, dan terakhir ketika sukses melumat Borneo FC 4-1.

Menariknya, laga-laga yang dimainkan Robi Darwis yaitu ketika Persib masih dikomandoi oleh Robert Rene Alberts. Sedangkan di bawah pelatih baru yakni Luis Milla, Robi belum pernah memainkan satu laga pun.

Namun diprediksi, dengan adanya pelatih baru yang juga eks pelatih Timnas Indonesia itu, permainan Robi Darwis akan semakin berkembang dari sebelumnya. Sebab sebagaimana diketahui, ia akan ditangani oleh dua pelatih kelas dunia (Luis Milla & Shin Tae-yong) – yang dua-duanya gemar melakukan rotasi serta eksperimen setiap kali timnya bertanding. Apapun itu, bagaimana pun nasib Robi Darwis ke depannya, maka itu tak lepas dari peran pelatih asal Spanyol dan Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments