Timnas Indonesia

Indra Sjafri Ungkap Alasan Tak Panggil Amar Brkic ke Timnas Indonesia U-20



NOBARTV.CO.ID Indra ungkap alasan tak panggil Amar Brkic, U-20 sejak beberapa hari yang lalu telah menggelar pemusatan latihan. Sayangnya, dalam TC ini, Indra tidak memanggil salah satu pemain diaspora bernama Amar Rayhan Brkic.

Indonesia akan menggelar beberapa laga penting di bulan Maret 2024 ini. Tercatat, ada tiga pertandingan yang akan dilakoni oleh dua kelompok umur Timnas Indonesia. Pertama, skuad Garuda muda yang diisi oleh Timnas Indonesia U-20 akan tampil di dua laga uji coba melawan Timnas China U-20. Kedua, skuad Timnas Indonesia senior akan bertemu dengan Timnas Vietnam di matchday ketiga 2026 zona Asia ronde kedua grup F.

Untuk laga uji coba antara Timnas Indonesia U-20 versus China U-20, duel tersebut akan digelar pada 22 dan 25 Maret 2024. Venue untuk dua pertandingan tersebut adalah Stadion Madya Senayan Jakarta. Satu hari sebelum laga uji coba Garuda muda, Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Untuk skuad Garuda muda sendiri, Indra Sjafri sudah memanggil puluhan pemainnya untuk mengikuti pemusatan latihan. Mayoritas pemain yang dipanggilnya adalah mereka yang sebelumnya telah mengikuti TC pada Desember 2023 hingga Februari 2024 kemarin. Ya, sebelum TC kali ini digelar, Indra sudah sempat mengumpulkan anak asuhnya untuk mengikuti TC beberapa bulan sebelumnya. Saat itu, mereka juga telah melakukan laga uji coba seperti melawan Timnas Uzbekistan U-20 dan Timnas Thailand U-20.

Indra Sjafri Ungkap Alasan Tak Panggil Amar Brkic ke Timnas Indonesia U-20
Aksi Amar Rayhan Brkic bersama Timnas Indonesia U-17 (sumber: IG @amar.brc)

Adapun untuk pemanggilan kali ini, eks pelatih Bali United itu memanggil beberapa nama lainnya lagi seperti mereka – yang tercatat sebagai pemain abroad. Salah satu pemain yang sempat memperkuat Timnas Indonesia di 2023 yakni Welber Jardim turut dipanggil oleh Indra. Kabarnya, pemain muda Sao Paulo itu sedang dalam perjalanan ke Indonesia. Di Piala Dunia U-17 kemarin, Welber tampil cukup baik meskipun skuad Garuda Asia gagal melangkah ke fase knock-out.

Namun sayangnya, satu pemain lain yang juga tampil di Piala Dunia U-17 Amar Rayhan Brkic justru tak dipanggil lagi oleh Indra. Penampilan Amar Brkic memang tak sebaik Welber. Namun absennya pemain muda TSG Hoffenheim itu jelas menimbulkan pertanyaan dari banyak orang.

Atas hal tersebut, Indra Sjafri pun buka suara. Ia menjelaskan alasannya tak memanggil pemain yang bermukim di Jerman itu.

“Ya karena kami belum membutuhkan dia. Kami menganggap akan memberikan kesempatan kepada dia lebih berkembang di klubnya,” jelas Indra Sjafri.

Kendati demikian, Amar – kata Indra akan tetap diberikan kesempatan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Akan tetapi ia harus seperti pemain lainnya yang mengikuti pemusatan latihan lebih dahulu.

“Kami tetap berkomunikasi dengan pelatih-pelatih di luar negeri. Lagi pula tidak gampang memanggil pemain-pemain yang usianya di bawah 20 tahun. Dia harus sekolah dan masih banyak aktivitas lainnya,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *