Timnas Indonesia

Disinggung soal Target di Piala Dunia U-17, Erick Thohir: Buat yang Terbaik!



NOBARTV NEWS – Erick Thohir angkat suara soal target U-17 di 2023.

Seperti yang diketahui, pada 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, Timnas Indonesia U-17 akan beraksi dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Di even ini, anak asuh Bima Sakti itu akan bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karenanya, Indonesia menjadi satu-satunya tim yang tidak mengikuti babak seleksi untuk bisa tampil di ajang tersebut.

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah dilakukan FIFA pada Jumat 23 Juni kemarin. Setelah sebelumnya membatalkan status Peru, Indonesia pada akhirnya diminta maju sebagai penggantinya. Dari segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM), Indonesia dinyatakan lebih siap dibandingkan negara-negara lainnya.

Oleh karena itu, begitu dikeluarkannya status sebagai tuan rumah, berbagai persiapan dilakukan oleh PSSI dan Pemerintah RI. Padahal, jika diamati lebih teliti, Indonesia tidak hanya akan bertindak sebagai tuan rumah di ajang itu saja. Di tahun 2023 ini, PSSI juga akan menggelar Kualifikasi 2024 yang akan berlangsung di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Akan tetapi, persiapan yang dilakukan PSSI dan Pemerintah RI lebih terfokus pada Piala Dunia U-17 2023. Ya, berbagai persiapan memang sudah diambil oleh Federasi Sepakbola Indonesia. Seperti memanggil 34 pemain untuk mengikuti TC, lalu menggelar seleksi di 12 kota berbeda, sampai-sampai merencanakan untuk menggelar pemusatan latihan lanjutan di Eropa – tepatnya Jerman pada beberapa bulan yang akan datang.

Hal yang tak kalah menariknya adalah Bima Sakti – selaku pelatih Timnas Indonesia U-17 akan didampingi oleh Direktur Teknik PSSI asal Jerman. Selama sekitar empat bulan, Bima akan dibimbing dalam menyiapkan skuad sebelum berlaga di even tersebut. Bimbingan tersebut merupakan usul dari PSSI.

Persiapan-persiapan PSSI tersebut belum dihitung dengan periapan lainnya dari Kementerian PUPR dan Kemenpora. Untuk Kementerian PUPR, mereka telah merencanakan melakukan renovasi terhadap stadion-stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17. Adapun dari Kemenpora, Kementerian yang dipimpin oleh Dito Ariotedjo itu baru-baru ini mendata 30 pemain keturunan yang berpeluang tampil di Piala Dunia U-17 nanti.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Berbagai persiapan yang dilakukan ini tentunya menyasar kepada hasil Timnas Indonesia U-17 di even tersebut. Sebab akan sangat memalukan jika nantinya skuad Garuda Asia jadi tim pesakitan (selalu kalah) dengan statusnya sebagai tuan rumah. Target tinggi sangat tepat untuk diberikan kepada Arkhan Kaka dkk.

Tapi menariknya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir justru memiliki pandangan berbeda. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu hanya meminta kepada punggawa Timnas U-17 untuk memberikan penampilan terbaiknya.

“(Target?) berbuat yang terbaik. Akan tetapi, jangan juga menjadi tekanan,” kata Erick Thohir di sela mengunjungi seleksi Timnas Indonesia U-17 di Bali beberapa hari lalu.

“Ya, kemarin Bapak presiden bilang berbuat terbaik,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment