Timnas Indonesia

Manfaatkan Ilmu dari Sport Science, Indra Sjafri Optimis Bawa Garuda Muda ke Piala Dunia U-20 2025



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda muda sudah tiba di Qatar untuk melakukan pemusatan latihan sebagai persiapan awal demi tampil di 2025. Di Qatar, skuad Garuda akan memanfaatkan ilmu dari sport science. Dengan ilmu tersebut, sang pelatih Indra Sjafri optimis untuk bisa membawa anak asuhnya ke even akbar itu.

Seperti yang diketahui, pada hari ini (22/12), skuad Garuda muda telah tiba di Qatar. Di sana, Arkhan Kaka dkk akan melakukan pemusatan latihan selama satu minggu ke depan. Pemusatan latihan tersebut ditujukan sebagai persiapan awal mereka jelang berlaga di berbagai even penting di kemudian hari. Salah satunya adalah Piala Dunia U-20 2025 yang akan dihelat di negara Amerika Latin Chili.

Dalam TC kali ini, PSSI telah mengumumkan daftar pemain yang diminta untuk ikut serta. Tercatat, ada 26 pemain yang dibawa oleh Indra Sjafri. Mayoritas dari pemain yang dibawanya adalah alumni 2023 kemarin. Sayangnya, dari 26 nama tersebut, tak ada nama dua pemain keturunan yakni Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic. Hal ini dikarenakan keberangkatan skuad Garuda hanya sebatas pemusatan latihan saja. Bukan untuk mengikuti kompetisi – sehingga dua alumni Piala Dunia U-17 itu tidak diikutsertakan dalam TC ini. Di Qatar, punggawa U-20 akan menimba ilmu di Aspire Academy.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Manfaatkan Ilmu dari Sport Science, Indra Sjafri Optimis Bawa Garuda Muda ke Piala Dunia U-20 2025
Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri

“Per hari ini kami memulai pembentukan timnas U-20 menuju Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Dan langkah-langkah untuk persiapan ke sana sudah kami siapkan, dan alhamdulillah hari ini juga kami memanggil 26 pemain terbaik yang ada di berbagai kegiatan sepak bola di Indonesia, termasuk yang dilaksanakan hari ini (di Nusantara Open),” terang Indra Sjafri kemarin.

Rencananya, setelah TC di Qatar berakhir, skuad Garuda akan pindah lokasi ke Jakarta. Pemusatan latihan di Jakarta akan berakhir hingga menjelang dilanjutkannya Liga 1 pada akhir Januari tahun depan.

“Karena waktunya pendek, Aspire kan kita tahu terkenal dengan sport science yang luar biasa, kami akan memanfaatkan itu untuk melihat profil para pemain, melakukan semua elemen tes yang ada di situ,” ucap Indra menambahkan.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

“(Setelah itu) lanjut TC, sesuai pembicaraan kami dengan Badan Tim Nasional, kita lanjut TC di Jakarta sampai mulainya liga lagi,” katanya lagi.

“Tim ini disiapkan pada 2024, itu ada kalendernya namanya AFF U-19 di awal Juli kita sebagai tuan rumah, itu langkah awal kita lihat evaluasi pertama kita di situ. Setelah itu ada kualifikasi AFC untuk bisa lolos ke Piala Asia. Setelah itu pada 2025 akan mencari peserta empat besar di Asia yang mewakili Asia untuk menjadi peserta Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Langkah-langkah itu yang akan kami lalui nanti, jadi dimulai pada Juli di AFF.”

“Bismillah akan kami usahakan, dengan anak-anak U-17 di Piala Dunia kemarin, kami optimistis, beban dan tugas itu akan kami emban dengan baik. Mari saling menguatkan, dan kritisi para pemain yang ada di tim ini,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid