Timnas Indonesia

12 Pemain Persija Ikut TC Timnas Indonesia, Thomas Doll Harap Riko Gabung Belakangan



NOBARTV NEWS – Tak tanggung-tanggung, terdapat 12 pemain Macan Kemayoran yang diminta untuk mengikuti TC bersama dua kelompok umur . 6 pemain di Timnas senior dan 6 lainnya bersama Garuda muda. Sang pelatih Thomas Doll sampai meminta agar satu pemainnya gabung belakangan.

Sebagaimana diketahui, pada esok 20 Maret 2023, Shin Tae-yong akan memimpin dua tim nasional sekaligus. Sebab di waktu dekat, tim senior yang dipimpinnya itu bakal tanding di even FIFA Matchday 2023. Direncanakan, skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut bakal menjamu tim asal Afrika Timnas Burundi sebanyak dua kali.

Kedua jamuan itu akan dilangsungkan masing-masing pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023 di Stadion Patriot, Candrabhaga Bekasi. Terpilihnya Burundi tak lepas dari kegagalan PSSI mendatangkan dua tim lainnya yakni Timnas Bolivia dan Tajikistan.

Untuk pemusatan latihan menjelang FIFA Matchday tersebut, PSSI telah mengumumkan 28 pemain. Dalam daftar 28 pemain tersebut, 8 di antaranya merupakan punggawa Persija Jakarta.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan, pelatih asal Korea Selatan itu juga akan memimpin TC untuk Timnas U-20. TC tersebut dilakukan selama 10 hari sejak tanggal 20 Maret 2023. Sebetulnya, skuad Garuda muda direncanakan untuk terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC tersebut. Namun sembari menunggu visa rampung dalam waktu 10 hari ke depan, maka STY meminta kepada mereka untuk mengikuti TC secara bersamaan. Dalam pemanggilan tersebut (TC Garuda muda), STY meminta 29 pemain mengikutinya. Dan lagi-lagi, Persija menyumbang banyak pemainnya dalam daftar tersebut. Terhitung, ada 6 pemain muda Macan Kemayoran yang bakal mengikuti TC di Indonesia dan akan berlanjut ke Korea Selatan nanti.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Atas banyaknya pemain yang dipanggil itu, pelatih Persija angkat suara. Sebab di tengah-tengah FIFA Matchday ini, masih ada pertandingan tunda yang harus dijalani Macan Kemayoran.

“Dilihat dari bolak-baliknya pemain U-20, cederanya pemain asing, pelatih asing juga jatuh sakit, banyak yang harus saya tangani, tetapi saya bangga kepada para pemain karena sampai saat ini masih berjuang,” kata Doll pada Kamis kemarin.

“Ini adalah ironi jika kita memikirkan gelar juara, padahal sebelum tragedi Kanjuruhan, kita tim yang sangat kuat, tetapi tragedi itu hanya Tuhan yang bisa atur, dan setelah itu datang masalah-masalah yang sangat banyak.”

Meski tim-nya akan mengalami kondisi sulit karena akan kehilangan banyak pemain, namun Thomas Doll tak lupa mengucapkan selamat atas masuknya lagi Riko Simanjuntak ke Timnas Indonesia. Sudah dua tahun lebih Riko absen membela skuad Garuda Indonesia. Namun di bawah kepemimpinan Thomas Doll di Persija, winger lincah tersebut akhirnya kembali mendapatkan panggilan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Selamat untuk Riko, lebih dua tahun Riko tidak terpanggil ke Timnas, dia memang punya talenta bagus dan akhirnya terpanggil ke Timnas,” ucap Doll.

Namun menariknya adalah, Doll masih berharap kepada Riko agar ia bergabung ke TC Timnas Indonesia belakangan. Sebab tenaga sang pemain masih sangat dibutuhkan oleh tim asal ibu kota itu.

“Walaupun sebenarnya saya berharap Riko pergi belakangan, pemain senior dipanggil, pemain U-20 dipanggil,” pungkas eks pelatih Borrusia Dortmund tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment