Timnas Indonesia

Hamdan Hamedan Ungkap Ada Pesepakbola Grade A yang Ingin Bela Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pada Kamis kemarin, telah digelar Diskusi Turun Minum PSSI Pers yang bertajuk Naturalisasi Pemain: Mereduksi atau Memotivasi? yang diikuti oleh stekholder sepakbola tanah air. Menariknya, dalam diskusi tersebut, salah satu pembicara yakni Hamdan Hamedan mengungkapkan fakta menarik terkait naturalisasi .

Ya, sesuai dengan yang diterangkan di atas, pada Kamis 21 Desember lalu, telah digelar diskusi yang diikuti oleh berbagai kalangan dari pengamat hingga mantan anggota Exco PSSI. Salah satu anggota Exco PSSI yang hadir saat itu adalah Hamdan Hamedan.

Bagi yang belum mengenal Hamdan, ia adalah Exco PSSI yang di kepemimpinan Mochamad Iriawan sebelumnya bertugas mengurusi pemain naturalisasi. Ia adalah orang yang diutus untuk bertemu dengan pemain keturunan yang bermain di luar negeri. Ia juga bertugas untuk mendampingi mereka ketika sudah tiba di tanah air.

Sayangnya, dalam periode kepemimpinan Erick Thohir saat ini, Hamdan tidak menjabat lagi. Namun pekerjaannya terkait atlet ‘naturalisasi' tidak hilang begitu saja. Diketahui, Hamdan kini menjabat sebagai Tenaga Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Hamdan adalah orang yang beberapa waktu lalu melakukan rekap pemain diaspora untuk Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Dalam diskusi tersebut, Hamdan menjelaskan banyak hal tentang pemain naturalisasi. Di kesempatan itu pula, ia memberikan penegasan terkait anggapan-anggapan banyak orang. Dengan tegas, Hamdan membantah jika pemain yang dinaturalisasi PSSI adalah mereka yang tak terpakai di negaranya. Tepatnya, mereka adalah pemain kelas dua di negara kelahirannya itu.

Hamdan Hamedan Ungkap Ada Pesepakbola Grade A yang Ingin Bela Timnas Indonesia
Salah satu pemain keturunan Ragnar Oratmangoen main di

Sebagai contoh, Hamdan kemudian menjelaskan jika di luar negeri, terdapat pemain keturunan grade A yang benar-benar ingin membela Timnas Indonesia. Cerita Hamdan itu dibuktikan dengan obrolan ia dan sang pemain di media sosial Whatsapp.

“Ada anggapan kan pemain yang dinaturalisasi ke Timnas Indonesia karena tidak laku di negaranya. Ya kan, suka begitu kan?” kata Hamdan Hamedan.

“Saya katakan begini nih, ada pemain yang diinginkan coach Shin Tae-yong. Kita datangi dia, dengan sopan dan profesional, tapi dia tidak merasa dirinya Indonesia, dia tidak ingin. Tapi ada pemain Grade A, bermain di salah satu klub terbaik di dunia,” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

“Bung Towel (Tommy Welly) akan saya tunjukkan WA nya. Dia ingin membela Timnas Indonesia. Dia ingin sekali membela Timnas Indonesia,” tegasnya lagi.

“Jadi, bukan berarti pemain yang membela Timnas Indonesia itu pemain yang tidak laku di negaranya. Saya punya buktinya, kadang-kadang ada ikatan batin. Mungkin seperti tadi, makan nasi padang setiap hari kan.”

“Disitulah tertanam kecintaan terhadap Indonesia,” ucapnya memungkasi.

Namun demikian, Hamdan enggan membocorkan nama pemain yang dimaksud olehnya itu. Tetapi banyak yang menduga jika pemain yang tersebut kini sedang berkarir di salah satu liga top Eropa.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid