Timnas Indonesia

Elkan Baggott Masuk Skuad Timnas U-23, Kakang Rudianto Terbuang



Elkan Baggott Masuk Skuad Timnas U-23, Kakang Rudianto Terbuang
Elkan Baggott saat beraksi dengan

NOBARTV NEWS – Ada hal menarik ketika PSSI mengumumkan skuad Timnas U-23 yang akan dibawa ke Vietnam, kemarin. Salah satunya adalah masuknya nama Elkan Baggott yang sebelumnya hampir dipastikan tidak akan dibawa menuju Vietnam.

Kehadiran Baggott secara tiba-tiba tentu menghebohkan banyak orang. Meski dirinya dipanggil (Pelatnas) oleh Shin Tae-Yong beberapa waktu lalu, namun sang pemain lewat pelatihnya di Ipswich Town menjelaskan jika Baggott tidak bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Hal ini didasari pada dua hal.

Pertama, beberapa pemain Ipswich tengah mengalami cidera, khususnya di posisi bek tengah. Maka, pemain bertubuh jangkung itu harus diam di klub karena klub tidak memiliki pemain lainnya.

Kedua, SEA Games bukanlah agenda resmi FIFA. Sehingga klub berhak untuk menolak permintaan federasi untuk mengambil pemainnya.

Kedua hal tersebut mendasarinya sehingga Baggott dipastikan absen dari turnamen dua tahunan ini. Namun, apa yang terjadi? Baggott justru masuk ke dalam skuad inti yang akan dibawa ke SEA Games nanti.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Usut punya usut, Ipswich Town ternyata sudah mengakhiri musimnya di Football League One atau divisi ke-tiga sepak bola Inggris. Semalam, anak asuh Kieran McKenna itu mengakhiri laga dengan kemenangan atas Charlton Athletic.

Elkan Baggott turun sebagai starter pada laga tersebut. Laga tersebut juga menjadi laga kedua Baggott untuk tim senior Ipswich.

Sebelumnya, Baggott berhasil mencetak rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang mencatatkan penampilan di sepak bola profesional Inggris. Namun sayang, di pertandingan debutnya itu, Ipswich belum meraih kemenangan. Dan kini, di pertandingan terakhirnya semalam, Baggott menjadi saksi kemenangan Ipswich 4 gol tanpa balas.

Musim ini, Ipswich bertengger di posisi 11 klasemen akhir Football League One. Dari 46 laga yang telah dijalani, anak asuh Kieran McKenna itu berhasil memetik 18 kali kemenangan, 16 kali imbang, dan 12 kali mengalami kekalahan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hal itu membuat Ipswich Town dipastikan tidak akan promosi ke kasta kedua .

Namun, bukan itu yang menjadi pembicaraan khalayak saat ini. Justru penikmat sepakbola Indonesia membicarakan hadirnya Baggott yang kian membuat lini belakang Timnas Indonesia cukup solid.

Kehadiran Baggott diharapkan mampu menambal lini belakang Timnas Indonesia – mengingat di laga ujicoba kemarin, Timnas Indonesia dibobol 7 gol dari 3 laga selama berada di Korea Selatan.

Hadirnya Baggott juga membuat pemain muda Persib Bandung, Kakang Rudianto dicoret. Kakang merupakan pemain Timnas U-19 yang diberi kesempatan untuk promosi mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas U-23.

Hilang Kakang, Baggott datang. Begitulah dinamika sepak bola. Yang berpengalaman akan bertahan – yang muda namun minim harus bersabar demi mendapatkan kesempatan di masa mendatang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid